Menampilkan Slide Presentasi di Blog

Anda seorang yang mudah menyampaikan ide dengan presentasi?dan anda ingin menampilkan slide presenatasi anda bisa ditampilkan di blog anda??

Maka, mudah-mudahan postingan saya kali ini berguna. Memang aplikasi khusus dari wordpress  untuk menampilkan slide presentasi (.ppt / .pptx), tidak, yang ada juga hanya untuk menginput file presentasi di blog, untuk diunduh, tapi tidak ditampilkan. lalu gimana dong caranya??

Tentu saja, ada pihak ketiga yang bisa menyediakannya, yang mudah dan sudah saya gunakan adalah slideshare.net. SlideShare adalah sebuah situs untuk berbagi (sharing) dokumen/file presentasi. Gampangnya jika youtube adalah tempat sharing video, maka slideshare adalah tempat sharing slide presentasi. jadi kita bisa memanfaatkan slideshare ini untuk menampilkan slide presentasi kita di blog. berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Bukan halaman slideshare.net , lalu sign-up dan buat account
  • Setelah sign up, sign in dan masuk ke halaman upload, kemudian pilih upload publicly (jika anda ingin sekalian mem-publish-nya.

  • Lalu pilih file presentasi yang ingin anda share (format yang bisa diupload : pdf, ppt, pps, pptx, ppsx, pot, potx (Powerpoint); odp (OpenOffice); key, zip (Apple Keynote))
  • Setelah di upload, anda bisa memberikan tags dan description kepada slide presentasi tersebut.

  • kemudian masuklah ke halaman slide anda. Di halaman slide anda, di sebelah kiri slide presentasi anda, ada beberapa kotak twitter, facebook, wordpress, dan blogger (lihat gambar). Pilih kotak wordpress jika anda pengguna wordpress. kemudian copy embed code-nya (lihat gambar).

  • Lalu masuk ke account blog anda, lalu buat post/page baru.
  • Masuk ke editor HTMLnya, lalu paste script embed yang anda copy tadi
  • Berikan tambahan penjelasan di post anda jika memang di butuhkan, lalu klik publish.
  • dan selesailah!!

anda bisa membuatnya dipostingan tertentu dan/atau dihalaman tertentu. contohnya saya membuat halaman khusus untuk slide2 presentasi di blog ini. silakan lihat galeri/slidepresentasi (atau klik disini). Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat, tunggu postingan2 saya selanjutnya..hahaha…

Iklan

3 thoughts on “Menampilkan Slide Presentasi di Blog

  1. betul, jangankan presentasi, untuk menampilkan table excel saja tidak bisa di wordpress, tapi sejauh ini saya pribadi belum berencana pindah dari wordpress

    • sebenarnya bisa menampilkan tabel diwordpress, di copy ke word dulu dari excell baru dicopy lagi ke wordpress. baru deh bisa..:)

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s