The End Is Another Begining

Tahun baru 2014 sudah berjalan hampir satu minggu. 2013 makin tertinggal sedikit demi sedikit. Tapi apa sih sebenarnya yang berganti di tahun baru? Selain kalender yang mesti diganti, kehidupan rasanya berjalan seperti sediakala, tidak tiba-tiba berubah dalam 1 malam seperti keajaiban dalam film-film Disney.

Lalu apa yang dirayakan pada malam tahun baru itu? Apa banyaknya prestasi yang diperoleh ditahun 2013. Tidak juga. Rasanya yang paling benar adalah harapan akan kehidupan yang lebih baik, harapan akan hidup baru. Makanya berbondong-bondong orang membuat target-target dan resolusi-resolusi.

Tidak mesti tahun baru. Memulai hidup baru tidak perlu menunggu tahun baru. Proses tranformasi terjadi setiap hari. Ketika tahun berganti baru, maka hiduplah di hari ini, ucapkan selamat tinggal pada masa lalu, dan terima apapun yang telah terjadi. Hadapi hari dengan semangat baru, semangat perubahan.

Hidup tak akan maju ketika kita masih terperangkap di masa lalu. Kecuali anda seorang sejarawan yang memang menjalani kehidupan dan mencari penghidupan dengan melihat ke masa lalu. Melihat kebelakang melalui spion waktu mengendarai mobil juga tidak boleh terus-menerus, lihatlah ke depan.

Bila masih ada luka, rasa sakit, rasa salah, rasa tidak puas, Let it go. Maafkanlah. Ikhlaskanlah. Berterimakasihlah pada Tuhan atas pengalaman apapun yang terjadi, karena ada masa lalu, maka kita ada hari ini.

-entah ngomong apa, yang penting- Selamat tahun baru 2014, Selamat bertransformasi jadi lebih baik.

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s