Jalan-Jalan di Bumi Sriwijaya – Palembang (Bagian 3-End)

Nah, saya sempet nyobain pempek palembang di Pempek Sudi Mampir di jalan merdeka, deket kantor walikota palembang, di sana saya nyobain pempek lenggang panggang setengah porsi, pempek model setengah porsi, pempek campur beberapa biji. Ga bisa mesen setengah disana, Cuma share aja sama temen..jadi bisa icip setengah2.. tapi disini harganya lumayan mahal tapi sebanding lah sama harganya.. Pokoknya Maknyuuusss!!!

Pempek Palembang

– Martabak HAR

Kebanggaan orang palembang lainnya adalah martabak HAR ini, HAR itu singkatan dari Haji….. apa gitu…saya lupa ^.^ Martabak HAR ini udah banyak banget cabangnya di palembang, walaupun katanya ga seenak yang aslinya.. dan kebetulan saya makan di tempat yang aslinya, eh salah bukan aslinya, karena semua asli, tapi saya makan di tempat yang paling tua, yang pertama ada di palembang, yaitu jalan Jend.Sudirman.. Dan seperti yang dibangga2kan orang sana, ternyata lumayan enak dan tentunya mengenyangkan!! Ketika mesen akan ditawarin 2 pilihan, telor ayam atau telur bebek. Beda harganya Cuma sedikit kok..klo yang telur bebek Rp.13.000,- dan yang telur ayam Rp.11.000,-.

– Pindang Daging

Pindang daging juga ada di palembang lho..walaupun ga tau sebenernya aslinya dari mana, tapi yang pasti disini rasanya khas juga..saya makan ga di rumah makan tertentu sih, Cuma beli yang di deket tempat kostnya mas ery, tapi lumayan lah, kebetulan saya dari pagi belum sarapan, trus siangnya palembang tuh panas banget, dan pindang daging ini rasanya pas banget dan sambelnya oke banget jadi nikmat banget rasanya…

Pindang Daging

– oleh-oleh

oleh2 makanan dari palembang cukup banyak, antara lain ya pempek itu sendiri, trus ada kemplang, ada lempok juga… Toko oleh2 juga banyak banget di palembang, kemarin saya beli oleh2 di Toko oleh2 Beringin, harganya lumayan sih..tapi katanya enak.

Lempok Durian

Kerupuk Kemplang

Penginapan!!

Kalau jalan2 kepalembang ga usah khawatir takut ga dapet tempat menginap, karena memang banyak sekali hotel di kotanya. saya sendiri sebelum akhirnya memutuskan untuk menginap di tempat mas ery, saya sudah mengecek beberapa hotel. Untuk kelas ekonomi pada hotel bintang 3 ada yang berharga di bawah Rp.100.000,-, cukup murah bukan. alamat dan nomor telepon beberapa hotel bisa di lihat di sini http://www.wattpad.com/101515-daftar-hotel-bintang-1-dan-melati-di-palembang , cuma harganya udah ga update, jadi perlu telepon lagi untuk memastikan.

Nah, kalau yang mau nginep gratisan, ada beberapa pilihan yang udah saya pernah coba..lumayan buat para bagpackers yang kehabisan uang, atau mau perjalanan irit. Opsi pertama nginep di rumah temen, nah ini paling gampang dan terjamin, karena ga akan repot2 lagi nyari. Malah bisa sekalian minta anter ke sana ke sini klo temennya itu lowong dan mau. Tapi jangan ga tau diri juga kitanya, jangan terlalu nyusahin temen. Sebelum masuk ke opsi kedua, saya kasih tau dulu opsi kedua dan ketiga lebih baik dilakukan klo memang lagi ga ada duit, soalnya agak2 ga nyaman.

opsi kedua tuh, nginep di Rumah Sakit. Nginep disini cenderung aman, karena jarang ada yang berbuat jahat dirumah sakit.trik nginepnya gini, pertama dateng kerumah sakit yang udah ada pastikan agak mewah, yang  untuk kelas menengah ke atas lah. trus nunggu aja di ruang tunggu Gawat Darurat, pasti ga akan ditanya2in orang. karena emang wajar orang nunggu keluarganya dan tertidur disitu. dan klo mau agak nyamanan dikit, pergi aja ke musholanya, pasti disana juga ada orang2 yang tidur juga, dan ga akan ditanya2in juga dan yang pasti gratis!!

opsi ketiga nginep di airport, nah ini baru saya lakukan di palembang kemarin, karena emang uang udah paspasan banget, dan kebetulan besoknya pesawat saya pulang kejakarta pagi banget, jam 6 pagi. jadi saya putuskan buat nginep disitu, dan tentu saja karena gratis!! Caranya ya agak2 mirip dengan yang dirumah sakit, nunggu sampe agak malem diruang tunggu, cuma tergantung airportnya, klo airport di jakarta atau surabaya mungkin penerbangan keluar dan kedalam airport sampai 24 jam jadi bisa pakai trik yang sama dengan di rumah sakit tadi. cuma kebetulan di palemabang, penerbangan cuma sampai jam 9 atau 10 malam. Jadi setelah itu bandara sepi, dan pastinya ga bisa cek-in dan klo nunggu diruang tunggu bakal sepi dan gelap banget.

Klo dibandara seperti ini, maka kuncinya adalah kejujuran. Jadi kemarin ketika saya mau menginap di bandara SMB Palembang, dan melihat situasinya pada malam itu sudah sepi, maka setelah menunggu penerbangan terakhir datang, saya ngobrol dengan petugas keamanan disana, yang berpakaian tentara. dan kebetulan komandan yang jaga malam disana. lalu saya bilang saja, klo mau menginap di sini, lantara besok pagi sekali pesawatnya. Jadilah diizinkan, malah dikasih beberapa pilihan tempat menginap, diposko keamanan, di mesjid, atau dsb. Karena sudah lapor, tentunya aman dan bisa tidur dengan nyenyak, dan lagi2 Gratis!!!

5 thoughts on “Jalan-Jalan di Bumi Sriwijaya – Palembang (Bagian 3-End)