Jerman kali ini – Ep.3 Rhein dan Keabadian Cinta

Berhulu dari Pegunungan Alpen di Swiss, lalu mengalir turun setelah melewati perbatasan negara Leichtenstein, Austria, kemudian mengular melalui kota-kota di Jerman (mulai dari Mainz, Bingen, Bonn, Cologne, Dusseldorf, Duisburg), lalu menembus masuk ke Perancis, dan akhirnya bermuara di tepi North Sea dekat Rotterdam, Belanda. Itulah perjalanan panjang dari aliran Sungai Rhein.

Melewati berbagai, membuatnya memiliki beberapa perbedaan dalam penulisan nama. Rhine (Perancis), Rhein (Jerman), Rijn (Belanda), dan Rhenus (nama lainnya). Sebutan yang paling populer adalah versi Perancisnya, Rhine. Nama sungai ini sebenarnya berasal dari kata ‘renos’ yang ’mengalir jauh’. Ya, sungai ini mengalir jauh membelah Eropa, yaitu sepanjang kira-kira 1.320 km.

Lalu apa menariknya Sungai itu selain panjang dan membelah beberapa negara?

**

Pagi ke-5 di Jerman, tetiba saya ingin belanja oleh-oleh dan sight-seeing melihat-lihat keindahan kota Köln (Cologne). Cukup dekat dari Bonn, hanya sekitar 1 jam perjalanan dengan kereta regional. Terlebih dahulu saya janjian dengan kenalan saya (Simon namanya) yang bekerja di kantor Maskapai Lufthansa di Koln untuk memandu saya berkeliling di sana. Sebenarnya agak ga enak, karena baru kenal 2 hari sudah mau minta tolong yang agak merepotkan. Tapi untungnya dia lagi libur dan bersedia. Baca lebih lanjut

10 #masjidterindah di Indonesia

Ceritanya waktu kuliah dulu saya cukup berkesempatan buat muter-muter indonesia. Baik urusan amanah atau cuma jalan-jalan aja..

Dan kalau ke daerah-daerah saya pasti menyempatkan diri untuk ngunjungin mesjid agung atau yang terkenal di daerah situ.

Nyempetin ngerasain shalat jamaah dimasjid2 tersebut. Pun sekedar shalat sunnah aja. Yang penting mampir.

Dan subhanallah, selain bagus dan unik arsitekturnya, nuansa spiritualnya terasa kental sekali. Ada kekhasan daerah masing2.

Jadi kini saya pengen ngulas #masjidterindah di indonesia..

inilah 10 #masjidterindah di indonesia, versi saya sendiri. 🙂

Eh,ternyata susah mengurutkan yang terindah,jadi saya urut dari barat ke timur aja biar lebih gampang. Inilah 10 #masjidterindah di indonesia

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh #masjidterindah

Masjid ini berada di pusat banda aceh. Megah dan Gagah. Sering kesorot tv pas tsunami aceh. karena tetap kokoh berdiri. #masjidterindah Baca lebih lanjut

Europe Train Trip in Sephia

Perjalanan dari Berlin ke Venice dan dari Venice ke Berlin.

5 People . 3 Countries . 6 Train Transit . 34 Hours . 2266 Kilometer

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sering kali orang bilang perjalanan panjang membuat kita berpikir tentang makna hidup. That is very true…

berjam-jam melintasi negeri orang entah kenapa gumaman nyanyian sumbang kami adalah tentang Indonesia. Iringan nada yang mengalir adalah lagu Tanah Airku dari Ibu Sud.

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negri kujalani
Yang masyhur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah kurasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

**

lihat Menapaki Europe #tourdeeurope disini

Jalan-Jalan di Bumi Sriwijaya – Palembang (Bagian 3-End)

Nah, saya sempet nyobain pempek palembang di Pempek Sudi Mampir di jalan merdeka, deket kantor walikota palembang, di sana saya nyobain pempek lenggang panggang setengah porsi, pempek model setengah porsi, pempek campur beberapa biji. Ga bisa mesen setengah disana, Cuma share aja sama temen..jadi bisa icip setengah2.. tapi disini harganya lumayan mahal tapi sebanding lah sama harganya.. Pokoknya Maknyuuusss!!!

Pempek Palembang

– Martabak HAR

Kebanggaan orang palembang lainnya adalah martabak HAR ini, HAR itu singkatan dari Haji….. apa gitu…saya lupa ^.^ Martabak HAR ini udah banyak banget cabangnya di palembang, walaupun katanya ga seenak yang aslinya.. dan kebetulan saya makan di tempat yang aslinya, eh salah bukan aslinya, karena semua asli, tapi saya makan di tempat yang paling tua, yang pertama ada di palembang, yaitu jalan Jend.Sudirman.. Dan seperti yang dibangga2kan orang sana, ternyata lumayan enak dan tentunya mengenyangkan!! Ketika mesen akan ditawarin 2 pilihan, telor ayam atau telur bebek. Beda harganya Cuma sedikit kok..klo yang telur bebek Rp.13.000,- dan yang telur ayam Rp.11.000,-.

– Pindang Daging

Pindang daging juga ada di palembang lho..walaupun ga tau sebenernya aslinya dari mana, tapi yang pasti disini rasanya khas juga..saya makan ga di rumah makan tertentu sih, Cuma beli yang di deket tempat kostnya mas ery, tapi lumayan lah, kebetulan saya dari pagi belum sarapan, trus siangnya palembang tuh panas banget, dan pindang daging ini rasanya pas banget dan sambelnya oke banget jadi nikmat banget rasanya…

Pindang Daging

– oleh-oleh

oleh2 makanan dari palembang cukup banyak, antara lain ya pempek itu sendiri, trus ada kemplang, ada lempok juga… Toko oleh2 juga banyak banget di palembang, kemarin saya beli oleh2 di Toko oleh2 Beringin, harganya lumayan sih..tapi katanya enak.

Lempok Durian

Kerupuk Kemplang

Penginapan!!

Kalau jalan2 kepalembang ga usah khawatir takut ga dapet tempat menginap, karena memang banyak sekali hotel di kotanya. saya sendiri sebelum akhirnya memutuskan untuk menginap di tempat mas ery, saya sudah mengecek beberapa hotel. Untuk kelas ekonomi pada hotel bintang 3 ada yang berharga di bawah Rp.100.000,-, cukup murah bukan. alamat dan nomor telepon beberapa hotel bisa di lihat di sini http://www.wattpad.com/101515-daftar-hotel-bintang-1-dan-melati-di-palembang , cuma harganya udah ga update, jadi perlu telepon lagi untuk memastikan.

Nah, kalau yang mau nginep gratisan, ada beberapa pilihan yang udah saya pernah coba..lumayan buat para bagpackers yang kehabisan uang, atau mau perjalanan irit. Opsi pertama nginep di rumah temen, nah ini paling gampang dan terjamin, karena ga akan repot2 lagi nyari. Malah bisa sekalian minta anter ke sana ke sini klo temennya itu lowong dan mau. Tapi jangan ga tau diri juga kitanya, jangan terlalu nyusahin temen. Sebelum masuk ke opsi kedua, saya kasih tau dulu opsi kedua dan ketiga lebih baik dilakukan klo memang lagi ga ada duit, soalnya agak2 ga nyaman.

opsi kedua tuh, nginep di Rumah Sakit. Nginep disini cenderung aman, karena jarang ada yang berbuat jahat dirumah sakit.trik nginepnya gini, pertama dateng kerumah sakit yang udah ada pastikan agak mewah, yang  untuk kelas menengah ke atas lah. trus nunggu aja di ruang tunggu Gawat Darurat, pasti ga akan ditanya2in orang. karena emang wajar orang nunggu keluarganya dan tertidur disitu. dan klo mau agak nyamanan dikit, pergi aja ke musholanya, pasti disana juga ada orang2 yang tidur juga, dan ga akan ditanya2in juga dan yang pasti gratis!!

opsi ketiga nginep di airport, nah ini baru saya lakukan di palembang kemarin, karena emang uang udah paspasan banget, dan kebetulan besoknya pesawat saya pulang kejakarta pagi banget, jam 6 pagi. jadi saya putuskan buat nginep disitu, dan tentu saja karena gratis!! Caranya ya agak2 mirip dengan yang dirumah sakit, nunggu sampe agak malem diruang tunggu, cuma tergantung airportnya, klo airport di jakarta atau surabaya mungkin penerbangan keluar dan kedalam airport sampai 24 jam jadi bisa pakai trik yang sama dengan di rumah sakit tadi. cuma kebetulan di palemabang, penerbangan cuma sampai jam 9 atau 10 malam. Jadi setelah itu bandara sepi, dan pastinya ga bisa cek-in dan klo nunggu diruang tunggu bakal sepi dan gelap banget.

Klo dibandara seperti ini, maka kuncinya adalah kejujuran. Jadi kemarin ketika saya mau menginap di bandara SMB Palembang, dan melihat situasinya pada malam itu sudah sepi, maka setelah menunggu penerbangan terakhir datang, saya ngobrol dengan petugas keamanan disana, yang berpakaian tentara. dan kebetulan komandan yang jaga malam disana. lalu saya bilang saja, klo mau menginap di sini, lantara besok pagi sekali pesawatnya. Jadilah diizinkan, malah dikasih beberapa pilihan tempat menginap, diposko keamanan, di mesjid, atau dsb. Karena sudah lapor, tentunya aman dan bisa tidur dengan nyenyak, dan lagi2 Gratis!!!

Jalan-Jalan di Bumi Sriwijaya – Palembang (bagian 2)

Objek Wisata!!

Karena sebenarnya tujuan saya kepalembang bukan untuk berwisata, jadi sebenarnya wisata 1 hari saya dipalembang ini tidak terlalu terkonsep,jadi spontan2 aja, dan cukup banyak tempat wisata lain yang belum terjamah oleh saya..tapi 1 hari ga penuh itu, saya berhasil mengunjungi beberapa tempat wisata yang lumayan menyenangkan…

–          Museum Sultan Mahmud Badaruddin

Museum ini terletak di Jl.Jendral Sudirman (klo ga salah ya..),ditepian sungai musi pokoknya. Bangunan museum ini berupa rumah panggung, museumnya berada dilantai atasnya. Di museum ini terdapat berbagai ilustrasi mengenai sejarah dan kebudayaan palembang. Biaya masuk ke dalam hanya Rp.1000,- per orang, dan itu sudah termasuk penjelasan dan diantar berkeliling oleh bapak-bapak tour guide(BBTG) nya..murah bangetkan!! Baca lebih lanjut

Jalan-Jalan di Bumi Sriwijaya – Pelembang (Bagian 1)

Perjalanan!!

Perjalanan saya kali ini bisa dibilang cenderung nekat, berangkat dari jakarta ke palembang pada hari rabu sore dengan Bis Kramat Djati, tanpa tahu bis bakal berhenti dimana, setelah itu mau kemana dan akan nginep dimana..hahaha. Akhirnya sambil di perjalanan saya kontak temen2 yang tinggal di palembang, akhirnya dapet 1 orang yang mau menampung saya (thx to mas ery 😀 ), jadi paling ga tau lah setelah sampai di palembang saya akan kerumah mas ery untuk istirahat dulu..

Baca lebih lanjut