Bolos Kuliah!!Mmm..Boleh,tapi..

Sebagai orang yang cukup sibuk (alaaah…),sejujurnya kau ga bisa masuk full klo kuliah. Walaupun banyak yang bilang ke aku klo kuliah tuh prioritas uama.Oke sepakat, tapi bagiku banyak yang bisa urutan prioritas, terutama keadaan yang mendesak apalagi menyangkut orang secara masal. karena itu bagiku ga masalah untuk cabut atau mabal kuliah asal alasannya oke..

Naah..Menurutku ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan atau dipikirkan oleh anda sekalian sebelum cabut;
1.Alasan
Yang menurutku boleh dijadikan alasan untuk cabut kuliah adalah yang menyangkut hajat hidup orang banyak, atau keadaan yang harus memaksa kita ada disana, klo ga ada kita ga bisa berjalan dengan baik. Dan satu lagi alasan klasik sih, yaitu sakit(tergantung penyakitnya juga sih). Jadi klo cuma malas dan ngantuk ga boleh bolos.
2.MataKuliah
“Yang paling mengetahui kemampuan anda ialah anda sendiri”.Karena itu sebelum cabut kuliah, ukurlah kemampuan anda terhadap mata kuliah tersebut, apakah anda masih bisa mengejar dikuliah berikutnya atau mengejarnya dirumah. Klo rencana anda akan dikejar dirumah,maka buat jadwal khusus untuk itu.
3.Kondisi Perkuliahan
Sebelum mabal, anda harus benar2 tahu kondisi perkuliahan anda. apakah hari itu Kuis? apakah kehadiran anda telah melebihi 80%? apakah dosen anda sering mengadakan kuis dadakan? Hal2 seperti itu yg harus anda ketahui, atau setidaknya anda punya teman yg baik, yang selalu mengingatkan anda. Jadi anda harus selalu bersiap sedia mengubah rencana mabal anda dan segera kembali kuliah, kecuali anda mereasa mampu tidak ikut 1 kuis anda masih bisa mengejarnya di kuis lain atau di UTS.

Jika setelah mempertimbangkan hal diatas,anda tetap memilih cabut, maka ada beberapa peraturan (versiku lho y..:-)),

1.Tetap Jujur (tidak nitip absen)
Percuma saja mabalnya dengan alasan hajat hidup orang banyak,biar kesannya muliah,tapi caranya tdak baik(nitip absen,pen). Lagian bahanya klo ketahuan.
2.Perhitungan yang matang
Terkait dengan pemahaman anda dengan kondisi perkuliahan dari presentase penilaian dan presensi anda. Berikut adalah tabulasi, jatah bolos 20% per SKS.

Kuliah (SKS)–>Jatah Bolos (Hari)
1–>3
2–>3
3 (2x pertemuan)–>6
3 (1x pertemuan)–>3
4–>6

3.Pemilihan waktu yang tepat
Jika terbentur dengan kuliah 3 sks yang memakai 2x pertemuan, maka cabutlah di kuliah yang 2jam krn waktu yang anda manfaatkan untuk cabut lebih banyak tapi tetap terhitung 1x mabal. Jadi lebih untung :p . Dan lagi waktu yang 1 jam 70% dosen itb menggunakannya untuk kuis.
Terkait dengan pemilihan waktu juga, terutama terhdap dosen yang sering mengadakan ujian mendadak, maka anda harus memiliki intuisi yang tepat.

Itu semua hanyalah, pemikiranku belaka. Jika bermanfaat maka ambil, jika tidak maka tidak usah kau lara.
There’s all folks

2 thoughts on “Bolos Kuliah!!Mmm..Boleh,tapi..

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s