Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS)

ITB Untuk Semua

  1. Mulai tahun 2013 tidak ada lagi biaya pendidikan di muka  (dulu besarnya Rp. 55 juta). Biaya ini di nol kan.
  2. Biaya kuliah per semester besarnya adalah Rp. 0 sampai Rp. 10 juta, tergantung pada keadaan ekonomi keluarga.
  3. Tujuannya agar tidak ada orang yang tidak bisa kuliah di ITB karena masalah ekonomi keluarga.
  4. 20 % kursi mahasiswa baru disediakan untuk mahasiswa yang berasal dari ekonomi lemah. Mereka mendapat beasiswa bidik misi. Jadi selain biaya kuliah per semester nya Rp 0.-, mereka juga mendapatkan beasiswa biaya hidup.
  5. Yang 80% mahasiswa baru lainnya, biaya kuliah nya ada yang di subsidi 0 %, 25 %, 50 % dan 75 %. Baca lebih lanjut

Mahasiswa dan Kewirausahaan

Materi Mahasiswa dan Peluang Kewirausahaan adalah materi yang disampaikan oleh Pak Hiramsyah S. Thaib (CEO PT. Bakrieland Tbk) pada pembukaan Sekolah Pengusaha Muda ITB angkatan ke-3. Materi ini disampaikan beliau pada tanggal 5 Mei 2012, di Aula Barat ITB.
Materi Mahasiswa dan Peluang Kewirausahaan sangatlah tepat guna bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnis. Presentasi ini menjelaskan tentang tantangan dan peluang wirausaha di Indonesia, juga fungsi institusi perguruan tinggi dalam upaya mengembangkan jiwa kewirausahaan.

Setelah lulus mau apa?

Setelah lulus mau apa?

Pertanyaan itu sering bermunculan pada wisudawan atau lulusan baru, baik dari lingkungan terdekat keluarga, teman atau juga antah berantah teman di facebook (yang cuma asal approve K) bahkan dari diri sendiri. Saya juga mengalami hal seperti itu, adik kelas bertanya “abis lulus mau kemana kak”. teman-teman mulai bertanya, “udah ngelamar dimana nji”, kujawab santai, “harusnya nanyanya, udah ngelamar siapa nji,hehehe”. ibu mulai rajin ngesms, “kamu lagi ga sibuk kan? Pulang aja”, nah ini mah memang sayanya aja yang males pulang,semenjak wisuda seminggu yg lalu males banget pulang, jakarta panas banget. Baca lebih lanjut

weess udah!! very very best moment

Sedari sabtu kemarin berulang kali saya mendengar pernyataan, “weess udah beres nih”, “weess udah ST nih”, “weess udah ga bolak balik ke kampus lagi dong”. Saya jadi berpikir, jangan-jangan akar kata dari ‘wisuda’ itu dari ‘weess udah’. 😀

Anyway..9 april 2011 kemarin, setelah 4,5 tahun kuliah di kampus gajah duduk bandung, akhirnya saya wisuda juga. Senang bercampur haru, apalagi saat ngeliat bapak berlinangan air mata (haa..lebay), karena ngeliat saya wisuda.  Tapi emang seneng banget, temen2 dari kabinet juga berbondong-bondong dateng ke sabuga untuk ngasih selamat dan seru2an bareng, padahal ada temen seangkatan yang belum wisuda, tapi mereka ikut seneng buat kita2 yang wisuda, what a friendship!! Baca lebih lanjut

Program Bantuan Bidik Misi

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 meluncurkan program Bidik Misi untuk memberikan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada 20.000 mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi di 104 perguruan tinggi penyelenggara.

Bidik Misi merupakan program seratus hari kerja Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010 yang pada tahun 2011 ini dilanjutkan dengan kembali menerima 20.000 calon mahasiswa yang diselenggarakan di 117 perguruan tinggi penyelenggara.

lebih lanjut lihat portalnya di http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/

bagaimana membuat TA menjadi penting dan selalu terngiang

Kawan, tidak terasa sudah bulan desember saja, artinya kalau aku masih berniat wisuda april 2011 (kapan lagi emang?harus april!!!), maka paling ga biar agak enteng januari harus udah sidang, artinya desember harus udah beres nih TA-nya. Namun entah aku weak willed person atau gampang terlena atau sok sibuk dengan urusan lainnya sehingga TA jadi urutan kesekian dalam prioritas harian, bahkan baru inget klo dah mau-mau tidur atau malah pas mau ngerjain TA malah ngerjain yang lain-lain lagi. Kayak postingan ini aja, tadinya mau buat jadwal pengerjaan TA, tapinya malah nge-blog n akhirnya mau posting tulisan.puh…benarlah pepatah yang mengatakan ada 4 hal yang membuat seseorang kelimpungan sehingga susah makan susah tidur. 1) Harta, 2) Tahta, 3) Wanita, 4) TA. Baca lebih lanjut

Tentang Teknik Fisika

” di-itb-nya jurusan apa de??”

“teknik fisika pak”

“ooh..fisika”

“teknik fisika pak..”

“iya,iya fisika”

“>.<!!!”

***

Dialog cem di atas pasti dah akrab banget di telinga anak-anak teknik fisika itb, entah ketika lagi KP, entah lagi ketemu bapak2 di jalan, entah lagi ngumpul sama keluarga besar, pasti sering banget muncul tuh dialog.  Baca lebih lanjut