Jerman kali ini – Ep.2 Bonn Kotanya Beethoven

Terletak di Negara Bagian Nordrhein-Westfalen, Jerman, Kota ini ini pernah menjadi ibukota sementara Jerman Barat sejak tahun 1949 sampai 1990 dan menjadi pusat pemerintahan resmi Jerman setelah reunifikasi sejak tahun 1990 sampai 1999. Setelah itu pusat pemerintahan dipindah ke Berlin.

Kesan saya ketika pertama kali sampai di Bonn, “this is a very quite city“, kemudian saya baru tersadar, itu adalah hari minggu. Umumnya di Jerman memang hari minggu benar-benar day-off, banyak tempat perbelanjaan bahkan semacam minimarket pun ikut tutup pada hari minggu. Kebalikan di Indonesia ya.. Minggu justru pada rame di jalan.

Namun memang kota ini bukan tujuan untuk wisata belanja. Kota ini adalah kerjasama internasional, UN Campus (Kampus PBB) dan 18 institusi PBB ada di Kota ini, kantor pusat Deutsche Welle dan Deutsche Telekom juga ada di sini. Sehingga sudah menjadi biasa kota ini jadi tempat bebagai konferensi dan kegiatan internasional di Jerman.

panji - beethovenLalu seperti yang saya tuliskan pada judul tulisan ini, Bonn adalah tempat lahirnya komposer terkenal Ludwig van Beethoven. Komposer jenius yang separuh usianya hidup dalam keadaan tuli. Namun justru pada fase kehidupannya dalam keadaan tuli tersebut, Ia banyak menghasilkan karya-karya luar biasa. Bayangkan komposer musik, tapi tak bisa mendengar!!

Kalau mau tau orangnya yang mana, disamping ini ada foto saya sama beethoven 😀 ilustrasi aja. Aslinya itu foto di Madam Tussauds Bangkok, lain kali saya share juga ceritanya.

baca lengkap tentang beethoven di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Ludwig_van_Beethoven

Nah, karena tempat kelahiran beethoven banyak sekali nuansa dan spot-spot kota ini yang dicirikan dengan beethoven, dari patung-patungnya, museum, rumah kelahirannya, bahkan suvenir-suvenir dari kota ini juga.

Selain itu arsitektur bangunan kota yang berada di tepian sungai Rhein ini juga menimbulkan kesan klasik juga menampilkan kemegahan di saat yang sama. Simak foto sudut-sudut kota bonn di bawah ini, sengaja saya edit warnanya jadi grayscale biar kesannya lebih muncul 🙂

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ngomong-ngomong tentang sungai Rhein, ada urban legend yang menarik tentang rahasia, cinta dan harapan berkaitan dengannya. Akan saya ulas di cerita selanjutnya. Sungai Rhein dan Keabadian Cinta.

**

Lihat juga cerita sebelumnya Jerman kali ini – Ep.1 Intro

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s