Persiapan – Tiket Eurorail – Isi Tas

Sekarang mau pergi kemana-pun relatif mudah untuk pesiapannya. Kita tinggal googling, maka tempat wisata, cara hemat kesana, akomodasi yang tersedia, jalur cepat, dan segala macemnya sudah tertera di googling. Begitu juga saya, ketika memutuskan mau #tourdeeurope beragam informasi bisa saya peroleh di internet. Terimakasih para bloger traveler..

…Dan dengan menuliskan pengalaman ini, saya juga berharap bisa membantu orang yang ingin jalan-jalan sebenarnya … 🙂

Transportasi

Transportasi di eropa umumnya sudah baik. Antara negara ada kereta atau bis yang menghubungkannya. Untuk para pelancong atau turis, ada banyak paket transportasi yang bisa dipilih sebenarnya, baik yang menggunakan bis atau kereta. Namun saya sendiri lebih prefer menggunakan kereta, karena lebih nyaman, menurut saya.  Begitu juga pada perjalanan #tourdeeurope saya kali ini, saya menggunakan paket eurorail, bisa dilihat di http://www.eurail.com/

@Austria – EC Train (Keliatan nyaman dan luasnya kan :))

Eurorail menyediakan beberapa pilihan tiket/paket :

1.Global Pass

Dengan tiket Global Pass, kita dapat mengunjungi ke-23 negara eropa. Harganya bervariasi tergantung jumlah hari perjalanan kita dan jangka waktunya.

2. Select Pass

Dengan tiket kereta Select Pass, kita dapat memilih jumlah negara yang akan kita kunjungi dan jumlah hari perjalanan kita. Untuk paket negara bisa memilih 3-5 negara dengan jumlah hari 5-10 hari, harganya berbeda-beda,namun semuanya berlaku selama (jangka waktu) 2 bulan.

3. Regional Pass

Kalau select pass tadi untuk 3 negara bebas. Kalau regional pass ini khusus untuk negara yang berhimpitan atau memiliki batas langsung, tidak dipisahkan oleh negara lain. Misal belgia dan belanda atau belanda dan jerman, dsb. Lama perjalanan dan jangka waktu pun bisa kita pilih, harganya berbeda-beda.

4. One Country Pass

Kalau ini, tiket kereta untuk mengelilingin satu negara saja. Dengan jumlah hari perjalanan dan jangka 1 bulan. (2 bulan khusus untuk spanyol, itali, dan romania)

@munchen hauptbahnhof, depan ICE Train

Agak sulit memahami konsep jumlah hari dan jangka waktu ya? Maksudnya begini, jangka waktu itu adalah batas waktu kita bisa menggunakan tiket eurorail ini. Jumlah hari perjalanan adalah jumlah hari perjalanan kita menggunakan tiket ini. Misal saya punya tiket eurorail dengan jatah perjalanan 5 hari. Saya memakai tiket ini untuk pergi ke paris (terhitung satu hari). Lalu saya menggunakan tiket ini ke austria, lanjut ke itali (terhitung satu hari). Jadi 1 hari perjalanan itu tidak mesti 1 destinasi bisa 2 atau lebih. Makanya gunakan dengan bijak.hehehe..

Kalau masih bingung bisa tanya dibawah atau nanti tanya saja dicounternya, saya waktu itu bahkan sampai 30 menit lebih untuk tanya-tanya, orang sana kooperatif kok ke turis. Dan untuk yang masih tergolong youth (dibawah 26 tahun) dapat harga yang lebih murah untuk semua jenis eurorail.

**

Isi Tas

Tas

Untuk membawa perlengkapan perjalanan, saya cuma menggunakan tas punggung kipling day-pack, tidak terlalu besar, karena memang paket-paket perjalanan saya tidak terlalu memakan waktu yang panjang. Berikut inilah isi tas saya selama perjalanan #tourdeeurope :

1. Alat komunikasi

Selama #tourdeeurope ini saya selalu membawa dua HP.

Pertama adalah blackberry, tujuannya untuk apdet status di twitter dan facebook. Hehe.. Karena orang bijak berkata, “untuk apa kau berkeliling dunia, tapi tidak ada yang tahu (tidak apdet status)”. Dan orang bijak itu adalah saya..hehehe.. Selain itu tujuannya untuk melihat peta (google maps) dan kamus. Dan hal-hal yang berhubungan dengan online-lah.

Kedua adalah Nokia lama. Blackberry kelemahannya adalah baterai cepat habis, sedangkan nokia ini bateranya abadi.hehehe.. karena itu untuk urusan telpon menelpon atau darurat sangat bisa diandalkan.

Handphone

Prepare juga charger dan charger portable, siapa tau saat dibutuhkan HP kamu mati..

Oia, untuk provider Blackberry saya menggunakan vodafone, karena di jerman, Cuma vodafone yang menyediakan paket blackberry bulanan, kalau yang lain paketnya tahunan, kalau tidak salah. Untuk nokia saya menggunakan O2. Alasannya karena teman-teman seperjalanan saya menggunakan O2, jadi biar telponnya gratis.

2. Kamera Saku

Tidak perlu ditanya lagi. Sayang sekali tidak mengabadikan moment2 indah dengan kamera. Saya melengkapi kamera saya dengan tripod kecil seharga 1 euro,yang saya beli di berlin.lumayan bisa dipanjangan lagi kakinya. Cukup bermanfaat kalau sedang sendiri dan ingin narsis-narsisan. J

Kamera-tripod kecil 1 euro

3. Alat bersih-bersih

Utamanya saya bawa sabun wajah dan lipgloss. Hah lipglos?? Tenang bukan ‘melambai’, haha.. Waktu itu sedang musim gugur menuju dingin, jadi bibir mudah sekali kering. Jadi benda wajib juga lipglos nih. Kalau sabun mandi, biasanya ada di hotel setempat jadi aman-aman saja. Lagi kalau pun tidak mandi tidak terlalu ketara, karena lagi musim gugur.hehehe..

4. Baju ganti

Beruntung saya tidak full-backpacking keliling eropa. Yang artinya pindah satu kota ke kota lain. Pindah satu negara ke negara lain. Tapi saya punya base yaitu di berlin. Jadi kebanyakan perjalanan saya ke suatu tempat hanya 3-5 hari saja, lalu kembali lagi ke berlin. Dan begitu seterusnya. Jadi saya tidak pernah membawa baju yang banyak dalam perjalanan saya, paling hanya 2 stel. 1 yang dipakai, 1 yang dibawa ditas. Tapi sweeter, hoodie, dan jaket mah pasti bawa.

5. Botol air dan Roti

Sebagian besar negara di eropa, air dari kran-nya langsung bisa di minum. Jadi untuk menghemat anggaran siapkan botol minum. Nanti tinggal isi di keran-keran yang tersedia.hehehe..

Tidak enaknya musim dingin bagi kita orang tropis adalah metabolisme tubuh jadi lebih cepat. Sehingga lebih cepat lapar. Karena itulah siapkan roti atau makanan ringan yang bisa membuat rasa lapar anda sedikit tertahan.

6. Perintilan penting lainnya..

Perintilan penting lainnya saya gabung disini. Kayak Uang, Dompet, Pasport, itu yang utama. Kalau saya sendiri selain bawa uang cash, saya selalu siap sedia Kartu Debit (berhubung ga punya kartu kredit), bank apapun dari indonesia bisa, asal ada tulisan visa atau mastercardnya, pasti bisa narik di ATM di luar. Untuk jaga-jaga aja sih. Selama perjalanan toh saya cuma pernah sekali pakai.

Trus saya juga bawa token buat internet banking, ini kebutuhan pribadi aja sih, suka ada keperluan mendadak untuk transfer2 di Indonesia yang ga bisa ditinggal2 soalnya.

Dompet-Passport

**

lihat Menapaki Europe #tourdeeurope disini

4 thoughts on “Persiapan – Tiket Eurorail – Isi Tas

  1. Ping-balik: Menapaki Eropa #tourdeeurope « PastiPanji

  2. Ping-balik: Romantisme Venice « PastiPanji

  3. Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your
    website, how can i subscribe for a blog web site? The account helped me a acceptable
    deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea

Apa komentarmu?

