Structural Transformation

Jürgen Habermas (sosiolog dari jerman) di dalam bukunya “The Structural Transformation of the Public Sphere : An Inquiry into a Category of Bourgeois Society” menyebutkan bahwa definisi dari Structural Transformation adalah Large scale transfer of resources from some sectors to others in a system, necessitated by fundamental changes in its policies or objectives. Hal tersebut sering kali disebutkan sebagai prasyarat dari tumbuhkembangnya ekonomi suatu negara.

Namun sayangnya, jika anda membaca tulisan ini dengan tujuan agar memperoleh pengetahuan yang lebih jauh tentang perkembangan ekonomi atau pembahasan mengenai structural transformation maka anda salah dan sebaiknya berhenti membaca. Karena pada tulisan ini saya hanya belajar membuka tulisan dengan cerdas dan menarik. Dan bila ternyata anda masih membaca sampai kalimat ini, ternyata saya telah berhasil.

Terimakasih anda 🙂

Jadi sebenarnya saya yang ingin saya bahas dalam structural transformation ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan definisi diatas melainkan perubahan struktural pada diri saya selama beberapa tahun terakhir, terutama struktur wajah. Singkatnya tingkat penggemukan wajah saya. hehehe..

Tidak perlu berpanjang lebar, langsung saja structural transformation pada diri saya dapat dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.

(atas kiri terbaru, bawah kanan terlama)

Apa komentarmu?

