Setelah lulus mau apa?

Setelah lulus mau apa?

Pertanyaan itu sering bermunculan pada wisudawan atau lulusan baru, baik dari lingkungan terdekat keluarga, teman atau juga antah berantah teman di facebook (yang cuma asal approve K) bahkan dari diri sendiri. Saya juga mengalami hal seperti itu, adik kelas bertanya “abis lulus mau kemana kak”. teman-teman mulai bertanya, “udah ngelamar dimana nji”, kujawab santai, “harusnya nanyanya, udah ngelamar siapa nji,hehehe”. ibu mulai rajin ngesms, “kamu lagi ga sibuk kan? Pulang aja”, nah ini mah memang sayanya aja yang males pulang,semenjak wisuda seminggu yg lalu males banget pulang, jakarta panas banget.

Bagi lulusan baru pertanyaan-pertanyaan itu kadang mengganggu, karena disatu sisi mereka baru saja senang dengan kelulusannya, disisi lain seolah mendapatkan beban “gw harus melakukan sesuatu yang besar dengan gelar gw”. Intinya mah gengsi kalau kehilangan arah kalau nganggur. Karena itu ada beberapa teman yang tergesa-gesa menerima kerjaan bahkan sebelum wisuda, agar ga sempet nganggur. Ada juga yang karena belum ngapa-ngapain jadi males kekampus, karena takut dipertemukan dengan pertanyaan2 tadi.

Nah, bagi saya sendiri sebenarnya sih, ga usah dianggap mengganggu pertanyaan-pertanyaan seperit diatas. Asal yang pertanyaan itu datang dari orang lain. Artinya diri kita sendiri sudah tau kita setelah lulus mau apa, mau kemana, arah yang akan kita tuju jelas, it’s your life. Jangan malah bimbang sendiri, galau sendiri dan akhirnya nge-geje aja atau ngambil jalan yang ga tepat, karena tergesa-gesa takut dengan pertanyaan-pertanyaan orang.

Setelah arah yang kita tuju jelas, breakdownlah arah itu menjadi jalan yang harus kita lewati untuk menuju arah itu mana, kendaraan apa yang harus kita naiki apa, dan yang paling pertama tahu dulu posisi kita dimana. Setelah itu buatlah rencana strategi dan fokus bulanan untuk mewujudkan itu, sehingga tidak nge-geje atau kehilangan arah.

Wallahu’alam…

Iklan

5 thoughts on “Setelah lulus mau apa?

  1. hmm…tenyata kasusnya mirip2 kayak pertanyaan ke mahasiswa tingkat akhir…”kapan lulus?” (no offense–>ke diri sendiri)
    🙂

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s