Membuat Slideshow Pada WordPress

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat slideshow pada wordpress, sebenarnya sangat mudah cuma karena saya punya utang ke mbak arinda untuk jelasin, jadi saya tulisin deh.. berikut langkah2nya :

1. tentukan foto/gambar yang ingin anda masukan ke dalam slideshow, lalu agar memudahkan  (ga mesti) taruh di satu folder khusus pada komputer anda.

2. lalu pilih new post pada wordpress, seperti biasa ketika anda membuat postingan baru. lalu pilih icon add an Image pada kolom Upload/Insert seperti biasa ketika anda ingin memasukkan gambar ke dalam postingan anda. Hanya pada kali ini, anda sort semua gambar yang telah anda tentukan tadi, caranya ketika select files langsung ctrl+A saja pada folder khusus tadi, kemudan klik open. Jadi anda sudah memilih semua gambar tadi untuk dimasukkan ke galeri.

3. setelah menunggu beberapa saat peng-upload-an selesai,  windows add an image-from computer secara otomatis berganti menjadi windows add an image-galery . nah, itu adalah hasil upload-an anda tadi.

4. setelah itu scroll kebawah maka anda akan menemukan pilihan insert slideshow atau insert galery (seperti gambar dibawah ini), maka pilihlah insert slideshow.

5. setelah anda meng-klik itu, maka tampilan halaman postingan anda menjadi seperti ini (ada tulisan [slidesho] pada halaman postingan anda)

sampai sini langkah untuk membuat slideshow sudah selesai, tinggal anda mempublishnya saja. Namun jika anda ingin tampilan slideshow anda selalu ada di halaman depan dan teratas, maka anda bisa menambahkan fitur  stick pada slideshow anda tadi.

Caranya, pada halaman postingan anda tadi, pilih edit pada status di bagian Publish, kemudian checklist pada kotak stick this post to the front page (lihat gambar dibawah ini)

maka selesailah seluruh langkah tadi. hasilnya dapat dilihat di https://pastipanji.wordpress.com/

terimakasih..

Iklan

12 thoughts on “Membuat Slideshow Pada WordPress

  1. Ping-balik: WordPress 101 Slideshow « rioseto's blog

  2. Mas Panji, terimakasih atas sharing nya. Saya coba, tapi kok cuma insert gallery, tidak ada insert slideshow nya. Piye ya?

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s