Jejaring Internasional dan Maksimasi Manfaat Google Translate

Jaringan internasional GAMAIS ITB sudah berkembang dengan sangat baik. Selama tahun 2009 ini terhitung 3-4 kali GAMAIS ITB kedapatan kunjungan dari berbagai kampus dan mahasiswa dari beragam Negara. Kunjungan dari NGO (Non Government Organization) keislaman dari Malaysia, kunjungan dari mahasiswa dan dosen dari Negara timur tengah, kunjungan dari mahasiswa eropa yang sedang meneliti tentang pergerakan islam di kampus, kunjungan dari dosen universitas dari Malaysia, beberapa kali korespondensi dengan mahasiswa dari universitas di Singapura. Bahkan tanggal 10 Oktober 2009 besok, GAMAIS ITB mengadakan TAN (Ta’lim Antar Negara) secara live (video conference) dengan NTU di SIngapura, YIMSA (lembaga keislman) di Australia, Nagoya University di Jepang.

Sebagai efek dari meluasnya jaringan GAMAIS ITB dan juga menyikapi visi ITB, serta peran aktif menghadapi globalisasi, merupakan kewajiban bagi setiap kader GAMAIS ITB untuk senantiasa membangun jaringan dengan beragam pihak, meningkatkan kapasitas intelektual dan khasanah pengetahuan akan isu-isu keislaman nasional dan internasional.

Dunia maya (internet) memegang peran yang sangat penting dalam hal tersebut. Internet adalah jawaban dari keterbatasan kita akan jarak dan biaya dalam membangun dan mengelola jaringan. Internet juga menjadi tempat yang dituju ketika orang-orang memiliki pertanyaan-pertanyaan tentang segala sesuatu. Misalnya saja Islam. Tentunya kita tahu betapa menyesatkannya beberapa konten-konten tentang Islam di dunia maya tersebut. Islam terorislah, Islam inilah, Islam itulah. Mengapa seperti itu? Karena yang mengisi konten-konten Islam di dunia maya tersebut adalah orang yang ingin menjatuhkan Islam. Karena itu kita perlu mengambil peran di dunia maya dan mengembalikan citra baik Islam. Jadi secara singkat dapat dikatakan ada dua fungsi internet yang bias kita manfaatkan, pertama adalah membangun jaringan dan kedua adalah pencitraan Islam.

Dalam konteks internasional membangun jaringan dan pencitraan islam pun harus dilakukan ala internasional. Perihal media saya sudah tidak khawatir, karena semakin kesini semakin banyak kader yang telah mempunyai personal website ataupu weblog ataupun sekedar akun OSN (Online Social Networking), namun perihal bahasa masih ada beberapa pertanyaan. Agar buah pikiran dan tulisan keislaman kita bisa dipahami secara luas, maka kita harus menggunakan bahasa internasional pula. Lalu kendala bahasa pun menakuti kita.

Ternyata ada cara mudah untuk mengatasi itu. Hanya dengan menggunakan salah satu aplikasi google, yaitu google translate (http://translate.google.com/), kita bisa merubah personal web ataupun tulisan-tulisan kita dengan cepat ke dalam bahasa yang kita inginkan, walaupun terjemahannya tidak akurat sekali, jad harus disesuaikan kembali.(pp)

***

Sampel lihat di sidebar https://pastipanji.wordpress.com , read [pastipanji] in

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s