Perubahan Personality Types

Ada beragam konsep personality types, salah satunya adalah konsep personality types yang membagi personality manusia menjadi 4 tipe, yaitu koleris, sangunis, melankolis, plegmatis. Terakhir saya mengikuti test ini, sekitar 1,5 tahun yang lalu, saya memperoleh hasil bahwa personality types yang dominan pada diri saya adalah plegmatis kemudian diikuti dengan melankolis . Namun semalam ketika saya mengikuti testnya lagi dengan menggunakan aplikasi personality test version 1.0.0 by dolly arifin, ternyata personality types yang dominan pada diri saya adalah melankolis kemudian diikuti oleh koleris, dengan nilai melankolis 16 dan koleris 15, jadi bisa dikatakan seimbang. Sedangkan plegmatis yang sebelumnya sangat dominan di diri saya menempati posisi terakhir.

Agak aneh memang, tapi dengan itu saya berfikir, mungkin kondisi kejiawaan pada saat tes sangat berpengaruh pada hasil, atau personality seseorang dapat berubah-berubah terhadap kondisi. Berteori sepeti itu jadi saya melist hal-hal yang berubah dalam hidup saya selama 1,5 tahun ini, yang mungkin berpengaruh pada tipe personality saya tersebut. Sehingga kemudian saya kumpulkan menjadi beberapa faktor umum utama yang menyebabkan berubahan personality types pada diri seseorang, antara lain :

  • Sosio demografi. Keadaan social dalam sebuah lingkungan juga berpengaruh pada perubahan ini. Misalnya seorang yang plegmatis melankolis yang cenderung introvert dihadapkan pada kondisi yang begitu beragam dan dinamis, maka bisa berubah menjadi sanguinis.
  • Posisi atau Jabatan. Hal ini sangat berpengaruh pada perubahan personality type, misalnya seorang plegmatis yang sulit mengambil keputusan bila menjadi pemimpin maka secara kejiwaan dipaksa menjadi seorang koleris.
  • Orang yang dihadapi. Seseorang akan dipaksa berubah sesuai dengan orang yang dihadapinya. Misalnya, jika seorang yang tidak berorientasi tujuan berhadapan dengan orang yang juga tidak punya kemauan, tidak ada yang dominan antara keduanya, maka salah satu pasti akan mencoba untuk mendominasi yang lainnya. Semakin bervariasi orang yang dihadapi maka semakin handal seseorang menyesuaikan dirinya.

Faktor-faktor yang saya sebutkan diatas sebagain besar adalah factor yang sifatnya memaksa atau datang dari luar diri. Namun perubahan yang terjadi tidak hanya tergantung seberapa besar paksaan untuk berubah, tetapi kemampuan atau kemauan diri untuk beradaptasi atau berubah dengan keadaan lah yang sangat berperan penting untuk merubah, karena bisa saja seorang dengan tipe personality tertentu tetap berada dalam tipenya walaupun pengaruh factor-faktor diatas begitu besar, jika dirinya tidak mau menyesuaikan diri.

Oleh :
Panji Prabowo-bukan seorang psikolog

_____________________________________
Berikut adalah penjabaran personality types :
Melankolis

  • Emosi:

Mendalam dan penuh pikiran, analitis, serius dan tekun, cenderung jenius, berbakat dan kreatif, artistik atau musikal, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, perasa terhadap orang lain, suka berkorban, penuh kesadaran, idealis, bertindak sesuai dorongan hati, perasa

  • Sebagai teman :

Hati-hati dalam berteman, puas tinggal di latar belakang, menghindari perhatian, setia dan berbakti, mau mendengarkan keluhan, bisa memecahkan masalah orang lain, sangat memperhatikan orang lain, terharu oleh airmata, penuh belas kasihan, mencari teman hidup ideal.

  • Di pekerjaan :

Berorientasi jadwal, perfeksionis, standar tinggi, sadar perincian, gigih dan cermat, disiplin, tertib dan terrganisir, teratur dan rapi, ekonomis, melihat masalah, mendapat pemecahan kreatif, perlu menyelesaikan apa yang dimulai, suka diagram, grafik, bagan, daftar.

  • Sebagai oang tua :

Menetapkan standar tinggi, ingin segalanya dilakukan dengan benar, menjaga rumah selalu rapi, mmerapikan barang anak-anak, mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain, mendorong intelegensi dan bakat.

  • Kelemahan :

Mudah tertekan, punya citra diri rendah, suka menunda-nunda, mengajukan tuntutan yang tidak realistis kepada oang lain, pemurung, berfikir negatif, pengeritik, pendendam, kurang percaya diri, tidak ramah, teoritis.

Koleris

  • Emosi :

Berbakat memimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional dalam bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja, mantap, produktif, tegas, rela ambil resiko, percaya diri

  • Sebagai orang tua :

Memberikan kepemimpinan kuat, menetapkan tujuan, memotvasi keluarga sebagai kelompok, tahu jawaban yang benar, mengorganisir rumah tangga.

  • Di pekerjaan :

Berorientasi target, melihat seluruh gambaran, terotanisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis, bergerak cepat, utnuk bertindak, mendelegasikan pekerjaan, menekankan pada hasil, membuat target, merangsang kegiatan, berkembang karena saingan.

  • Sebagai teman :

Tidak terlalu perlu teman, mau bekerja untuk kegiatan, mau memimpin dan mengorganisir, biasanya selalu benar, unggul dalam keadaan darurat.

  • Kelemahan :

Tuan tanpa salah (orang lain yang salah), terlalu pekerja keras, harus terkendali, tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain, benar tapi tidak populer, tidak mudah bersimpati, kurang mempertimbagkan perasaan orang lain, memaksakan peraturan,kejam, sarkatis, tidak suka memuji, suka menguasa, suka menang sendiri, bangga diri, licik.

Plegmatis

  • Emosi :

Kepribadian rendah hati, mudah bergaul dan santai, diam, tenang, sbaar, keseimbangan baik, hidup konsisten, tenang tetapi cerdas, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, bahagia, menerima kehidupan, serba guna, segan memimpin, suka melucu, kuno.

  • Sebagai Orang tua :

Menjadi orang tua yang baik, menyediakan waktu bagi anak-anak, tidak tegesa-gesa, bias mengambil yang baik dari yang buruk, tidak mudah marah.

  • Sebagai teman :

Mudah diajak bergaul, menyenanakgkan, tidak suka menyinggung, pendengar yang baik, selera humor yang ‘menggigit, suka mengawasi orang, punya banyak teman, suka belas kasihan dan perhatian

  • Di pekerjaan :

Cakap dan mantap, damai dan mudah sepakat, punya kemampuan administrative, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, baik di bawah tekanan, menemukan cara yang mudah.

  • Kelemahan :

Seperti tidak ada keberadaannya, melawan perubahan, tampaknya malas, punya kemauan baja yang tenang, tampaknya tidak berpendirian, tidak memiliki motivasi, tidak bergairah, sukar menangambilmkeputusan, takut mengambil resiko

Sanguinis

  • Emosi :

Kepribadian yang menari, suka berbicara, menghidupkan situasi, rasa humor yang hebat, ingatan yang kuat untuk warna, secara fisik memukau, pendengar, emosional dan demonstrative, antusias dan ekspresif, periang dan penuh semangat, penuh rasa ingin tahu, baik di panggung, lugu dan polos, hidup di masa sekarang, mudah diubah, berhati tulus, selalu kekanank-kanakan, skap positif, hangat, mengajukan diri.

  • Sebagai teman :

Mudah berteman, mencintai orang, suka dipuji, tampak menyenangkan, dicemburui orang lain, bukan pendendam, cepat minta maaf, mencegah saat membosankan, suka kegiatan spontan

  • Sebagai orang tua :

Membuat rumah menyenangkan, disukai teman anak-anak, mengubah bencana menjadi humor, merupakan pemimpin sirkus

  • Di pekerjaan :

Sukarelawan untuk tugas, memikirkan kegiatan baru, tampak hebat dipermukaan, kreatif dan inovatif, punya energy dan antusiasme, mengilhami orang lain untuk ikut, mempesona orang lain untuk bekerja.

  • Kelemahan :

Tidak ada tindak lanjut, orang tanpa kesalahan (mereka tidak benar-benar percaya bahwa mereka punya kesalahan besar), berbicara terlalu banayk, mementingkan diri sendiri, punya ingatan yang belum dikembangkan, teman yang tidak tetap pikirannya dan pelupa, menyela dan menjawab untuk orang lain, tidak tertib dan tidak dewasa, derewer, jarang cemas, tidak disiplin,  mudah terpengaruh, tidak bertanggung jawab, suka membesar-besarkan

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s