Muslim Uighur Dilarang Salat Jumat

http://internationa l.okezone.com/read/ 2009/07/10/ 18/237454/18/muslim- uighur-dilarang-salat- jumat

Muslim Uighur Dilarang Salat Jumat
Jum’at, 10 Juli 2009 – 10:23 wib
text TEXT SIZE :
Share
Nurfajri Budi Nugroho – Okezone
Aparat keamanan berjaga di luar masjid di Urumqi (Reuters)

URUMQI – Ketegangan antara etnis Han dan Muslim Uighur di Xinjiang, China, berpindah dari jalanan ke masjid-masjid di Urumqi, ibu kota wilayah itu. Banyak warga Uighur mengatakan aparat keamanan tidak memperbolehkan mereka menjalankan salat di masjid.

Pasukan keamanan telah melakukan penjagaan ketat di Urumqi, untuk mencegah aksi balas dendam warga Uighur terhadap penyerangan yang dilakukan warga etnis Han pada Selasa 7 Juli lalu. Serangan warga Han tersebut juga merupakan aksi balasan atas bentrokan yang terjadi pada Minggu 5 Juli sebelumnya.

Hari ini, Jumat (10/7/2009), misalnya, para pemeluk Islam dilarang melaksanakan kewajiban salat Jumat di masjid. Sejumlah masjid di sepanjang distrik Uighur di kota Urumqi memasang pengumuman bahwa ibadah salat Jumat ditiadakan.

“(Masjid) tidak akan dibuka,” kata seorang pria yang berjaga di luar Masjid Dong Kuruk Bridge. Sementara tampak sejumlah serdadu dan kendaraan lapis baja yang diparkir di sisi masjid.

“Partai Komunis tidak akan mengizinkan kami,” kata pria yang tidak mau namanya disebut itu, seperti dilansir Reuters.

“Di bawah instruksi dari penguasa, salat ditiadakan sejak hari ini,” sebut pengumuman di gerbang dekat Masjid Guyuan, yang tertanggal Rabu 8 Juli. “Siapa pun yang ingin salat, silakan melakukannya di rumah.”

Larangan salat itu diberlakukan Partai Komunis untuk menghindari berkumpulnya massa yang berpotensi menimbulkan kekerasan susulan.

Warga Uighur adalah warga Muslim di China yang menggunakan bahasa Turki. Jumlah mereka di Xinjiang diperkirakan sebanyak delapan juta jiwa. Selam ini mereka mengeluhkan tindakan diskriminatif dari Beijing.

Sementara Pemerintah China menuding warga Uighur ingin memisahkan diri dari China dan kerap melakukan aksi terorisme.(jri)

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s