Misteri Stimulus Obama,Dari mana uangnya?

Pekan lalu, Barack Obama bersama Blue Dog Coalition, mengajukan anggaran stimulus pemulihan ekonomi negaranya sebesar $819 milyar. Jumlah yang fantastis, dan menunjukan bagaimana sebenarnya hancurnya perekonomian di negara kongsi terbesar Israel itu. Pekan ini di Davos, Swiss, Forum Ekonomi Dunia bertanya-tanya, dari mana dana itu didapat?

Yang paling ketar-ketir kebanyakan negara-negara Eropa. Bagaimana tidak, selama ini negara-negara seperti Spanyol, Yunani dan Inggris lah yang biasanya diutangi oleh AS.

Persoalan stimulus AS ternyata lebih banyak didiskusikan di Davos, bukannya di Washington. Ini berarti negara-negara peserta Forum Ekonomi Dunia sangat ketakutan akan rencana besar AS ini. Bayangkan saja, dalam jangka hanya dua tahun, maka AS akan mengeruk dana stimulus sampai $1 trilyun. Menurut banyak pengamat ekonomi dunia, kondisi ini akan semakin membuat perekonomian negara-negara lain menjadi terpengaruh. Misalnya saja, nilai poundsterling Inggris akan jatuh di bawah dollar, sesuatu yang tak pernah terjadi selama 23 tahun belakangan ini.

Selain itu, ternyata dalam forum ini, AS juga menekan negara-negara yang hadir agar menyetujui pinjaman kelak. Niall Ferguson, seorang sejarawan di Universitas Harvard mengatakan, “Hanya ada dua cara bagi AS dalam hal ini, mencetak uang lagi atau meminjam talangan dana.” Tapi, Ferguson menambahkan, dalam situasi resesi seperti ini hampir tidak mungkin melakukan peminjaman luar negeri. Sedangkan mencetak uang lagi juga akan semakin memperkeruh perekonomian AS.

“Ini sebuah krisis keuangan besar bagi AS. Sebanyak 355% produk AS mengalami kehancuran. Tak akan bisa diselesaikan dengan utang luar negeri.”

Jadi, untuk mendapatkannya, mau pakai cara apa, Obama?

(sa/iht)

sumber : http://www.eramuslim.com

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s