Trisula Kepemimpinan Gamais

c1

Konsekuensi Gamais ITB sebagai organisasi dakwah adalah harus tetap profesional dalam aktivitasnya dan tetap berpegang teguh pada landasan Islam sebagai asasnya. Dari semenjak berdirinya Gamais di tahun 1987 hingga kini dan akan datang hal itu tidaklah pernah berubah. Tetap melakukan perubahan untuk menunjang profesionalitas tapi tetap berada dalam kebakuan dari sisi asas. Perpaduan antara pembaruan tanpa penyelewengan dan orisinalitas tanpa kelalaian.

Kini Gamais ITB telah menjadi sebuah organisasi besar dan memiliki struktur organisasi yang kompleks, mulai tingkat program studi (LDPS), tingkat Fakultas/Sekolah (LDF/S) sampai tingkatan kampus (Gamais Pusat). Dan juga Gamais memiliki peran dan fungsi yang tidak sedikit dalam ranah dakwah kampus, dari pelayanan dan syiar, sampai sosial politik dan kemasyarakatan. Sehingga kepala Gamais dituntut dapat mensinergikan gerak Gamais Pusat dan Wilayah, menjalankan agenda Gamais pusat itu sendiri, dan memegang fungsi balancing terhadap dinamika kampus, dan juga terkait ketokohan dan representasi LDK. Yang dipaparkan dalam tugas pokok kepala LDK :

  • Pemimpin seluruh umat muslim di kampus dan sebagai representatif LDK
  • Pemimpin diplomasi, ekspansi jaringan dan politik bagi LDK

  • Panglima dakwah untuk semua kader dakwah
  • Mengkoordinasikan LDF/S dan LDPS
  • Memimpin Badan Pengurus Harian (BPH) Lembaga Dakwah Pusat dan memastikan program kerja lembaga dakwah pusat berjalan

Hal tersebut tidaklah mudah dan bila dipaksakan akan tidak optimal, sehingga membutuhkan perubahan dalam pengorganisasian dan pembagian tugasnya, agar optimal di setiap tingkatan dan fungsiya. Oleh karena itu, Gamais merestrukturisasi fungis kepemimpinannya, yang tadinya hanya dipegang oleh satu orang kepala Gamais, menjadi sebuah konsep tiga kepemimpinan, Trisula Gamais.

as

Sedangkan untuk fungsi ekspansi jaringan diimplementasikan pada satu sektor khusus yaitu sektor eksternal dan jaringan.

Iklan

One thought on “Trisula Kepemimpinan Gamais

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s