Antara Pemimpin dan Manajer

Dalam artian kata kerja, memimpin dan memanajemen tidaklah sama, memimpin berarti mengarahkan sedangkan manajemen berarti mengatur, maka fungsi pemimpin dan manajer pun berbeda. Jika dikatakan pemimpinlah yang melihat dari langit, maka manajerlah yang menapakkan kakinya di bumi. Jika dikatakan pemimpin adalah penentu visi dan tujuan, maka manajer lah yang membuat misi dan strategi. Jika seorang pemimpin adalah orang yang melihat kesempatan dan membuat kebijakan, maka manajer adalah orang yang melihat visibilitas dan berupayaagar kebijakan itu berjalan.

Dalam konteks pelaksanaan kebijakan atau kegiatan sebuah organisasi, pembagian peran antara pemimpin dan manajer setidaknya meliputi empat hal:

Creating Agenda – Membuat agenda

Pada tahap pembuatan agenda atau perencanaan agenda atau produk kegiatan, pemimpin berperan dalam membentuk mimpi bersama dan memberi arahan capaian besarnya, sehingga para bawahan atau staff memiliki gambaran arah dan tujuan yang akan dicapai. Sedangkan manajer, berperan sebagai perencana langkah atau strategi, membuat timeline kerja dan rencana anggaran, sehingga visibilitas agenda tersebut dapat dilihat dan mampu dicapai secara sistemik.

Developing Resources for Achieving Agenda – Mengembangkan Sumber Daya untuk Menwujudkan Agenda

Pada tahapan ini, pemimpin berperan dalam hal komunikasi dan fasilitasi, artinya pemimpin berperan sebagai pemersatu dan pemererat ikatan tujuan dan kebersamaan antar anggotanya. Sedangkan peran manajer adalah organizing resource dan establishing system. Pengorganisasian sumber daya terkait dua hal; pertama adalah staffing, melihat kesesuaian kapasitas staf dengan tugas yang akan didelegasiakan; kedua adalah resource, melihat kebutuhan agenda akan sumber daya terkait dana dan jaringan. Menetapkan sistemberarti menyiapkan sistem yang paling sesuai untuk pemenuhan tujuan dari kegiatan tersebut dan juga mengantisipasi kontingensi atau ketidakpastian yang akan terjadi.

Execution – Pelaksanaan

Tahapan ini adalah tahap puncak dari sebuah agenda, maka tidak jarang bawahan dan staff telah kehilangan semangat dan tujuan, kerena itu pemimpin harus bertugas untuk memotivasi, mendukung, dan menginspirasi para bawahannya, agar tetap memiliki mimpi bersama yang harus diwujudkan. If your actions inspire others to dream more, learn more, do more, and become more you are a leader (John Quincy Adams). Sedangkan manajer harus memegang fungsi controlling, pengontrol agar pelaksanaan kegiatan tetap berjalan sesuai dengan planning dan menuju capaian, dan problem solving,artinya mengantisipasi dan menyelesaikan masalah yang timbul yang menjauhkan dari tujuan, pada saat pelaksanaan agenda. Pelaksanaan adalah tahapan yang paling esensial dari sebuah program, sehingga masing-masing, pemimpin dan manajer harus menjalankan perannya dengan sangat baik.

Outcome – Hasil atau Capaian

Pada tataran hasil, pemimpin harus bisa melihat ketercapaian tujuan, sehingga bisa memberikan penghargaan terhadap kerja dan kinerja para staff-nya. Pemimpin juga harus mampi mengevaluasi kegiatan, sehingga bisa menghasilkanmimpi atau ide baru untuk mengatasi kekurangan, bisa berupa produk baru. Manajer berperan untuk menindaklanjuti hasil yang telah dicapai dan juga memproduksi atau menjalankan kegiatan lagi dengan hasil yang lebih baik secara konsisten.

Dalam tataran praktiknya sering kali peran-peran di atas sering dilakukan secara tumpang tindih, sehingga tidak dipungkiri hasil yang dihasilkan sering jauh dari yang ditargetkan. Menjadi sebuah solusi adalah kemampuan manajerial dan kepemimpinan dimiliki oleh pemimpin sekaligus. Managerial Leadership,memilik kemapuan dalam mempengaruhi, memberdayakan dan mengontrol, memberikan motivasi dan dukungan, mengevaluasi dan menginspirasi, sehingga dengan ini permasalahan yang akan timbul bisa diantisipasi dan disolusikan dengan baik.

**

ditulis oleh Panji Prabowo dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Rekayasa Industri

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s