aku dan dia berbeda…(psikologi pria-wanita)

terasa atau tidak, sadar atau tidak, pertengkaran antara manusia lebih banyak terjadi antara yang berbeda gender. alias pertengkaran antara cowo dan cewe.. Nah,sekarang gw coba membahas itu..
knapa pula judulnya aku dan dia?? coba merepresentasikan saja aku-nya cowo dan dia-nya cewe.hehehe…
terus kenapa cowo dan cewe lebih sering bertengkar??hel ini dikarenakan adanya perbedaan2 (dalam komunikasi ataupun cara berfikir atau juga kebutuhannya)…

aku dan dia beda bahasa..
poin penting dalam komunikasi adalah bahasa, bagaimana komunikasi bisa berjalan dengan baik jika bahasa yang digunakan adalah berbeda..
beberapa contoh,(diambil dari kehidupan nyata. hehehe…)

case 1, cewe sedang cerita ttg permasalahannya…

ce: “percaya ga..temen2ku ga ada yg mau peduli ttg masalahku ini??”
cowo mengartikannya sebagai “berarti dia memiliki teman2 yang tidak peduli-an” atau kalo cowo yang sedikit error mengartikannya sebagai “masalah begitu aja koq dibesar2in sih”
padahal yg dimaksud si cewe-nya adalah “i need you, to share my problems”

case 2, cowo meminta maaf karena melakukan kesalahan..

co: “maaf ya..”
cewe mengartikannya sebagai “ini masalah kecilkan,jadi maafin ajalah…”
padahal yang dimaksud si cowo-nya adalah “aku benar-benar menyesal..”

aku dan dia beda kebutuhan..

Ini juga yang sering jadi permasalahan, sebenernya cowo dan cewe tuh beda kebutuhan. Cewe ingin dimengerti, cowo ingin diterima/(merasa) dibutuhkan.

cewe ingin didengar tanpa dihakimi,tanpa selaan yg tdk diminta dan dibenarkan. Ini yang sering tidak dimengerti cowo. sering kali ketika ada seorang cewe sedang cerita ttg masalahnya, cowo biasanya langsung mendominasi seolah menyepelekan dan memberi saran (lebih tepat arahan) padahal sebenernya tidak diminta. Nah lho…

cowo dalam keadaan apapun ga suka ditolak. Hal ini juga yang tidak dimengerti oleh cewe. Misalnya ketika cowo memberikan bantuan dalam hal apapun trmasuk dukungan moril ataupun saran, lalu langsung terbantahkan (penolakan) oleh cewe tsb. Ini akan membuatnya sakit hati dan membuat cowo itu males u/ melakukannya lagi. Wayoo lho…

secara naluri wajar cewe selalu membesr2kan maslaah, karena cewe ingin diprhatikan dan dimgerti. Sedang cowo otaknya linear,sistem limbiknya diaklahkan oleh otak kiri,sehingga memproses informasi dengan logis. Sehingga informasi yg sdh dibesr2kn ttp diterimanya dg logis pula. krn itulah sering terjadi pertengkaran itu. Masalah utamanya adalah komunikasi!!!
Karena itu butuh kerendahan hati dari pihakmanapun untuk bisa saling memahami..

___________________________________

Diambil dari berbagai sumber.

Nb:Maaf klo sok tahu…hehehe…

2 thoughts on “aku dan dia berbeda…(psikologi pria-wanita)

  1. part of your book?
    aihh…aihhh…
    aku stuck of the moment nih… TA udah memanggil-manggil…
    ayo panji, aku mau buru2 baca sebelum lulus…
    sebelum lagu aksi berubah jadi TA lagi… TA lagi… TA lagi sampe SKRIPSI…

    ada yang curhat juga nih, terkait fakta tulisan diatas, ada yang bilang ke aku, “ga suka sama panji.. abis gituu banget orangnya. kalo ngirtik ato protes ga kira-kira”, hahaha

    nah loh,

  2. on MIFTAHnyaPIPI, panji said :
    Waah TA..smangat2!!!
    bukan2.. yang ttg psikologi itu jdulnya ‘aku adalah cowo 19thn’ , tp ga jadi aku terbitin..terlalu malesin. Ntar aja klo kndisinya dah berubah.
    Skarang lg nyoba nulis novel,kyknya dpt ide bagus.

    Serius??Siapa teh??klo ga bs ngasih tw sampein maaf aj y..dan jgn ragu2 negur klo sy bgtu lg.. ^.^”

Apa komentarmu?

