Wanita dan Tulang Rusuk

Dari WWW.RumahkuSurgaku. com
Semoga bisa diambil hikmahnya. Terima Kasih
___________________________________
Walaupun sudah ada segala-galanya.
Apalagi yang tidak ada di surga, namun Nabi Adam as tetap merindukan Hawa.
Kepada wanitalah lelaki memanggil Ibu, Isteri atau Puteri.
Dijadikan mereka dari tulang rusuk yang bengkok untuk diluruskan oleh lelaki.
Tetapi kalau lelaki sendiri yang tidak lurus.
Tidak mungkin mampu hendak meluruskan mereka.
Tak logis kayu yang bengkok menghasilkan bayang-bayang yang lurus.
Luruskanlah wanita dengan cara petunjuk Allah.
Karena mereka diciptakan begitu rupa oleh mereka.
Didiklah mereka dengan panduan dari-Nya :

JANGAN COBA JINAKKAN MEREKA DENGAN HARTA,
NANTI MEREKA SEMAKIN LIAR
JANGAN HIBURKAN MEREKA DENGAN KECANTIKAN,
NANTI MEREKA SEMAKIN MENDERITA

Yang sementara itu tidak akan menyelesaikan masalah.
Kenalkan mereka kepada Allah, Zat yang Kekal.
Disitulah kuncinya.

AKAL SETIPIS RAMBUTNYA, TEBALKAN DENGAN ILMU,
HATI SERAPUH KACA, KUATKAN DENGAN IMAN,
PERASAAN SELEMBUT SUTERA HIASILAH DENGAN AKHLAK

Suburkanlah mereka karena dari situlah nanti mereka akan nampak
penilaian dan keadilan Tuhan.
Akan terhibur dan berbahagialah mereka, walaupun tidak jadi ratu cantik dunia,
Presiden ataupun perdana menteri negara atau Woman Gladiator.

Bisikkan ke telinga mereka Bahwa Kelembutan Bukan
Suatu Kelemahan.Sebalikny a disitulah kasih sayang
Tuhan, karena rahim wanita yang lembut itulah yang
mengandungkan lelaki-lelaki wajah : Negarawan,
karyawan, jutawan dan wan-wan lain. Tidak akan lahir
Superman tanpa Superwoman.
Wanita yang lupa hakikat kejadiaannya, pasti tidak
terhibur dan tidak menghiburkan.

Tanpa ilmu, iman dan akhlak bukan saja tidak bisa
diluruskan,Bahkan mereka pula membengkokkan.

LEBIH BANYAK LELAKI YANG DIRUSAKKAN OLEH PEREMPUAN
DARIPADA PEREMPUAN YANG DIRUSAKKAN OLEH LELAKI
SEBODOH-BODOH PEREMPUAN PUN BISA MENUNDUKKAN
SEPANDAI-PANDAI LELAKI.

Itulah akibatnya apabila wanita tidak kenal Tuhan.
Mereka tidak akan kenal diri mereka sendiri, apalagi
mengenal lelaki. Kini bukan saja banyak Boss telah
kehilangan sekretaris; Bahkan anak pun akan kehilangan
Ibu, Suami, kehilangan Isteri dan Bapak akan
kehilangan Puteri. Bila wanita durhaka, dunia akan
huru-hara.Bila tulang rusuk patah, rusaklah jantung,
hati dan limpa.

Para lelaki pula jangan hanya mengharap ketaatan,
Tapi binalah kepemimpinan. Pastikan sebelum memimpin
wanita menuju ALLAH.Pimpinlah diri sendiri dahulu
kepada-NYA.Jinakkan diri dengan ALLAH, niscaya
jinaklah
segala-galanya di bawah pimpinan kita.

JANGAN MENGHARAP ISTERI SEPERTI SITI FATIMAH,
KALAU PRIBADI BELUM LAGI SEPERTI SAYYIDINA ALI

Iklan

12 thoughts on “Wanita dan Tulang Rusuk

  1. Wanita terbuat dar tulang rusuk laki2 yg benkok bentuknya,jd wanita kalo dibiarkan jalan hidupnya akan selalu bengko,binalah wanita dgn tutur sapa yg baik/mauidhotul khasanah,jgn di kerasi atau di sakiti hatinya,kalo wanita di sakiti,hatinya akan patah.

  2. Benar ga sih wanita itu diciptakan dari tulang rusuk laki2 yang paling bengkok..?
    Itu hadist, dalil, ato apa? Bisa tolong dijelaskan lagi, mas? Karna saya masih belum mendapatkan nash-nash yang cukup shohih untuk bisa menerima kutipan diatas itu…

  3. @ nia ciki
    ini saya copyin dari tafsir quran

    “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya[263] Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak….” (TQS Annisaa : 1)

    Maksud “dari padanya” menurut jumhur mufassirin ialah dari bagian tubuh (tulang rusuk) Adam a.s. berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Di samping itu ada pula yang menafsirkan dari padanya ialah dari unsur yang serupa yakni tanah yang dari padanya Adam a.s. diciptakan.

    begitu nia..

  4. Hm.., maafkan saya kalo ada sedikit perasaan mengganjal dalam hati ketika saya membaca tulisan mas panji yang diambil dari sebuah situs itu.

    Kenapa ya, dimana2, seriiiiing sekali saya baca dan dengar kata2 seperti ini: “Dijadikan mereka dari tulang rusuk yang bengkok untuk diluruskan oleh lelaki”.

    Saya mau tanya, benarkah seperti itu? Saya engga punya background pendidikan agama apapun, maksudnya iilmu saya tentang islam itu masih sedikit sekali. Jadi, bisa tolong jelasin ke saya kenapa harus “wanita yang diluruskan oleh laki2” dan bukannya sebaliknya? Kenapa wanita itu sering sekali digambarkan sebagai sosok yg “selalu perlu diluruskan dan diarahkan?” Benarkah islammu, islam saya, dan islam kita semua mengajarkan untuk begitu?

    Karna saya jadi berpikir, mungkin sejatinya islammu, islam saya, dan islam kita semua ini, tidak pernah berkata begitu. Tidak pernah menjadikan wanita2nya sosok yg “harus selalu diarahkan karena sering sekali salah langkah”. Jangan2, wanita muslim hari ini jadi begitu lemahnya bukan karena mereka memang lemah, tapi karena sistem dan segala macam aturan itu yg menjadikan mereka lemah, atau setidaknya.. terlihat lemah. Mungkin karena kita semua dibesarkan dengan pemikiran bahwa laki2lah pemimpin yang selalu mampu membenarkan makanya kita semua jadi begini. Benarkah begitu..? Maafkan jika saya salah.

    Seorang mbak berjilbab lebar pernah bilang begini pada saya, setelah sebelumnya beliau cerita tentang seorang wanita yang sangat ingin bisa sejajar dengan laki2. Semua hal yg dilakukan laki2, bisa wanita itu lakukan juga. Kecuali satu, ketika si laki2 mengajaknya ke sebuah tempat yg ramai, trus membuka kaosnya dihadapan semua orang. Wanita itu tidak bisa melakukannya. Yah, mirip iklan gitu.. Si mbak bilang begini: “Akui saja kalo perempuan itu memang lebih kurang dibanding laki2..”

    Saya agak meradang waktu si mbak berjilbab lebar itu ngomong begitu.
    Mas panji ada komentar? 🙂

  5. @ Nia Ciki

    Sami’na Wa To’na ( Kami dengar dan Kami Ta’at )
    Terkadang gak semua hal bisa di jabarkan dengan logika di dalam Islam, kita kembalikan saja ke kodratnya masing-masing, Alloh Ta’ala lah yg telah merancang segalanya, Dia lah yg Maha Mengetahui esensi permainan yg diciptakannya (Kehidupan). Hanya laki2 sholeh yg mampu membimbing (meluruskan tulang rusuk itu).

  6. @ Nia Ciki

    Baik Wanita & Laki2 tidak ada bedanya dimata Alloh Ta’ala, hanya saja Alloh Ta’ala telah menetapkan bahwa laki2 adalah pemimpin kaum perempuan. Berikut beberapa Nash yg ada di dalam Al-Qur’an

    “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri289 ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)290. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya291, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya292. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (An-Nissa:34)”

    “Dan kalau Kami bermaksud menjadikan Rasul itu dari golongan malaikat, tentulah Kami jadikan dia berupa laki-laki.” (Qs.al-An’aam 6:9)

    “Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang kami berikan wahyu kepadanya diantara penduduk suatu negeri.” (Qs. Yusuf 12:109)

    “Kami tiada mengutus Rasul-rasul sebelum kamu, melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka. “ (Qs. Al-Anbiyaa’ 21:7)

  7. wah, diskusi yg mnarik!

    alhamdulillah, jd muslimah slalu bikin an t’sanjung!
    an g mnemukan agama lain yg kasi p’hormatan sdemikian bsr kpd perempuan!

    saat feminis b’demo mnuntut emansipasi, islam sdh memberikan apa yg namanya emansipasi sejak 14 abad yg lalu! liat aja al ahzab:35, an nahl:97..
    ayat yg mnyatakan ketinggian derajat org2 berilmu justru pada surat yg b’tajuk “perempuan menggugat”. surat yang dalam setiap ayatnya terdapat nama ALLAH juga bernama “perempuan yg menggugat”!

    knapa perempuan tu diciptakan dari “tulang rusuk yg bengkok”?
    bengkoknya tulang rusuk tu samasekali bukan hal yg “rendah”. justru tulang rusuk yg bengkok tu membentuk rib-cage yg melindungi organ2 vital manusia: jantung, paru, hati!

    “tulang rusuk”..mnurut an tu sbenernya penjelasan ttg fitrah perempuan itu sndiri.

    Oleh Allah, otak perempuan didesain lbh b’kembang pada area2 yg m’proses perasaan, sedangkan pada laki2, area ni krg b’kembang. makanya, laki2 tu bwt perempuan, adlh makhluk yg g peka perasaan cz organ pemroses “perasaan” perempuan tu jauh lbh “canggih” drpd punya laki2, hehe..
    n mnurut an, krn ni juga perempuan tu dbilang “bengkok”.
    an sering perhatikan ayah n ibu an diskusi. ibu an cenderung mnuruti smua keinginan anak2nya (krn rasa cintanya bgitu m’dominasi), tp ayah an..yah, gmn y bilangnya, beliau tu slalu “dingin” dgn logika n argumen.^^

    perempuan “bengkok” krn hati/perasaannya n krn melindungi hati/perasaan org lain. penilaian perempuan sgt mudah dpengaruhi oleh perasaan. laki2 lbh bs m’beri penilaian yg “lurus” n objektif.
    bwt meluruskan peniaian para perempuan ni, laki2 hrs melakukannya dgn “lembut” cz..y itu td, persaan perempuan tu “lembut”, jgn bsikap kasar n bikin dia “patah” (patah hati..^^).

    knapa laki2 tu hrs slalu memimpin?
    cz laki2 memang didesain dmikian. area otak utk “kpemimpinan” pd laki2 tu lbh b’kembang drpd punya perempuan. secara fisik n psikis memang didesain Allah utk bs m’mimpin.

    spt yg t’cantum dlm al A’laa, Allah menciptakan sgala sesuatu n mnetapkan kadarnya.
    tp perempuan juga bs b’juang sehebat laki2! “bengkok” tu cuma penjelasan ttg fitrah perempuan pada umumnya.

    bwt tau lbh banyak ttg “fitrah” perempuan yg ditetapkan Allah secara anatomis n biokimia, ant bs baca “Female Brain” ato search d internet.

    btw, pastinya para feminis itu g bakalan bs nandingin tuntutan emansipasinya Asma’. mnurut an, g ada tuntutan emansipasi spt tuntutan Asma’. tp apa jawaban Rasulullah? 😉

    anyway, mnurut an g ada laki2 muslim yg baik yg melarang istrinya beribadah pd Allah n b’bakti utk umat. n g ada muslimah yg baik yg aktivitas dakwahnya membuat keluarga terlantar.
    an g mnganggap jadi “ibu rumah tangga biasa” tu sbg manifestasi doktrin patriarki dlm islam, bukan, tp tu adlh “hak” qt sbg perempuan.

    klo byk wacana yg nyebutin “perempuan perlu dilurusin” tu jgn2 cz media spt ni ddominasi laki2. yg spt ni sbenernya bwt konsumsi laki2 yg, Alhamdulillah, mreka punya smangat (kdg t’lalu smangat) n ksadaran bwt m’ingatkan n mnasehati saudari2nya.
    klo akhwt tu kykny lbh “low profile”, jd wacana ttg “kekuatan perempuan” kalah banyaknya dbandingkn dgn “kekuatan lelaki”.
    hohoho..^^

  8. @ nia ciki
    seperti yang sudah saya sebutkan di lampiran tafsir di atas, maksudnya tulang rusuk adalah unsur yang sama dengan adam.

    adapun klo masalah harus diluruskan atau diarahkan mah bukan kelemahan atau hal yang kurang menurut saya. seperti yang disebutkan mba ersifa (makasih mba..).

    saling melengkapi antara wanita dan pria, ada kurang dan ada lebihnya masing-masing.

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s