tentang sahabat

Tentang sahabat

“Wa’alaikumussalam..
Ya..Jalan ini memang panjang dan melelahkan dan seolah semua persoalan menumpuk tak terselesaikan. Namun bukankah..
‘Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya’
Ini adalah kerja peradaban…”

Kubaca penggalan e-mail dari sahabatku ini, tersentak ku tersadar, alhamdulillah aku masih di jalan ini. Menyenangkan rasa bila melihat masih banyak orang-orang yang peduli dan berjuang di jalan Allah. Rasanya itu sudah lebih dari cukup untuk melenyapkan penatku.

Kita tidaklah sekuat yang kita banggakan, tak pernah sehebat prasangka kita sendiri, tak pernah setangguh bayang-bayang idealisme. Tak perlu sesumbar untuk memuji ketangguhan diri, karena sesungghunya hati ini sudah menolak untuk menerima hal itu. Hanya seonggok manusia kerdil yang begitu angkuh, yang menolak mempunyai sahabat untuk menemaninya walau sebatas doa.

Banyak orang yang bilang bahwa sahabat itu adalah orang yang saat kita terbang dia terbang bersama kita dan saat kita jatuh dia jatuh bersama kita. Atau dalam redaksi yang lebih baik saat kita tertawa dia tertawa dan saat kita menangis dia menangis. Tapi menurut saya, sahabat itu orang mengingatkan kita agar kita bersyukur saat kita bahagia dan mengingatkan kita agar bersabar saat kita bersedih. Kalau dua-duanya jatuh, siapa yang nolong siapa??

Kita bukanlah malaikat yang jauh dari kemaksiatan. Kita juga bukanlah Rasul yang terpelihara dari dosa. Dan yang pasti kita tidak ingin menjadi syaitan yang mengabdikan dirinya pada neraka. Kita manusia adalah malaikat bersayap satu, baru bisa terbang dengan gagah bila bersama. Dalam kebersamaan yang saling mengingatkan.

Kita butuh sahabat, kita butuh teman yang senantiasa mengingatkan kita. Bukannya tidak boleh berjalan sendiri, namun saat semakin derasnya hujan dan angin yang bertiup, bukankah kehadiran sahabat dapat lebih membantu memegangi payung yang nyaris terbawa angin?

“Ya..jalan ini panjang tapi syurga menunggu kita di ujungnya..
Tetap Semangat…Cayo..”

Iklan

4 thoughts on “tentang sahabat

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s