tetralogi laskar pelangi

“Laskar Pelangi”, “Sang Pemimpi”, “edensor”..
Setiap kalimatnya memiliki kekuatan deskripsi yang luar biasa, sehingga bisa membawa pembacanya -gw- ke alam pemikiran sang penulis,andrea hirata. Terasa begitu nyata.
Mungkin telat, tapi kenyataan gw baru baca ntuh novel beberapa hari yang lalu. Tapi beber-bener “dahsyat”, dalam beberapa hari itu, ntuh novel sampe jadi bacaan “most wanted” versi gw, tentunya setelah mushaf. untungnya kuti minjemin nih novel continuesly..

Novel2 ini bercerita tentang, pencarian jati diri; kebutuhan akan mimpi (lebih tepatnya keberanian untuk bermimpi); pahitnya kenyataan hidup yang benar-benar nyata begitu dekat; takdir yang indah dan permainan nasib yang begitu hebat,Subhanallah; dan cinta,pastinya.

Banyak nilai yang bisa gw ambil dr novel ini, kata orang bijak “guru terbaik adalah pengalaman”, pastinya itu ga musti dari pengalaman qta sendiri kan??
gw bukan jualan atau agen buku, tp baca deh nih novel..Mencerahkan!!

_____
masih menunggu buku ke-4 “Maryamah Karpov”

Lihat ttg “andrea hirata” at http://sastrabelitong.multiply.com

2 thoughts on “tetralogi laskar pelangi

  1. Setuju! Saya juga baru aja mengkhatamkan tetralogi-1 (karena yg terkahir blm baca;P) ini liburan Idul Adha kemarin dan saya benar2 tersihir dengan semangat semua tokoh di novel itu..Mungkin ada yg bilang “terlalu banyak deskripsi” atau “deskripsinya terlalu bertele2” di Laskar Pelangi, tapi menurut saya, justru di situlah kekuatannya. Overall, perjuangan hidup tokoh2nya yg paling mempengaruhi saya. Mulai dari kisah Lintang menuju sekolahnya tiap hari, Bu Mus yg mengajar dlm keprihatinan, Arai yg sakit tp slalu berusaha melindungi, smp kisah Ikal sendiri yg punya cita2 kuat buat kuliah di Prancis smp akhirnya kesampean. What an amazing life…

  2. Hii, saya juga telat bacanya. Ga runtut lagi. Sampe jatuh cinta ama Lintang n niat bikin film indie tentang dia n kepikiran buat nyusul ke sono buat ngelamar (kalau belum nikah whahahahah).

    Jadi tenaga supaya “mimpi aja terus”. Kalau ambil teorinya the secret kan kalo udah mimpi ntar juga “semesta” dan potensi diri kita akan mendukung dengan maksimal niatan itu supaya jadi nyata.

    Dahsyat ya, teks dan deskripsi itu. Coba yang kayak gitu lahir dari orang yang berafiliasi pada da’wah. Kita, semoga jadi salah satunya (yuuuuuukz) 😀

Apa komentarmu?

