Sejarah Berdirinya Negara Israel

A.Perjalanan sejarah bangsa Israel

Max I. Dimont, sejarawan Yahudi, dalam bukunya “Jews, God, and History”, menulis, “Ketika, akhirnya, pada abad XII SM, bangsa Yahudi menetap di sebuah negara yang dapat mereka sebut sebagai milik mereka sendiri, mereka memilih sejalur wilayah yang merupakan koridor bagi tentara imperium-imperium yang sedang berperang. Bangsa Yahudi haus membayar pilihan ini, terbantai di medan pertempuran, dijual sebagai budak, atau dideportasi ke negeri-negeri asing. Tapi mereka terus datang ke tempat tua tersebut, membangun jalur pemukiman kecil baru yang secara berganti-ganti disebut sebagai Kan’an, Palestina, Israel, Judah, Judea dan sekarang Israel lagi”. Sebagai seorang ilmuwan Yahudi dan juga mayoritas kaum Yahudi lainnya, Max I. Damon meyakini secara aqidah bahwa palestina adalah milik bangsa Yahudi, karena nenek moyang mereka pernah mendirikan sebuah negara di sana.

Kawasan itu merupakan kawasan strategis yang menghubungkan antara Asia, Afrika dengan Eropa. Dan dengan doktrin aqidah yang demikian kental, diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, bangsa Yahudi tidak mengenal putus asa untuk kembali ke Palestina.

Kaum Yahudi sekarang, secara umum, terdiri dari dua kategaori besar. Pertama, disebut bangsa Sam (Semitic), mengaku sebagai keturunan nabi Ibrahim as, lazim juga disebut bangsa Kan’an. Yang kedua adalah yang bukan Sam, seperti yang berkulit hitam dan sebagainya, bukanlah keturunan langsung dengan nabi Ibrahim as.

Nabi Ibrahim as berasal dari Ur, Irak selatan, kemudian hijrah ke Kan’an Palestina sekitar tahun 2000 SM, disitulah lahir nabi Ishaq as, kemudian berputera nabi Ya’qub as, kemudian berputera nabi Yusuf as, Kan’an ketika itu terhitung sebah desa, Al Qur’an menyebutnya baduwi (QS 12:100).

Setelah nabi Yusuf as menjadi pembesar di Mesir, nabi Yaqub as beserta seluruh keluarganya hijrah ke Mesir. Di Mesir mereka mengalami kemajuan dan perkembangan, baik dari segi jumlah orang, maupun kekayaan dan kedudukan. Setelah nabi Yusuf as meninggal dunia, kondisi sosial mereka yang semula terhormat mulai bergeser, karena mereka meninggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar, serta jauh dari syariat nabi Yusus as.

Kerajaan Mesir yang tadinya mereka kuasai, diambil alih kembali oleh penduduk asli Mesir dengan menghidupkan kembali Pharaoisme. Sejak itulah bangsa Yahudi mengalami nestapa, mereka diperbudak berabad-abad lamanya oleh bangsa Hykhos, nama sukun dari Asia dan kemudian oleh bangsa Mesir sendiri.

Sesuai dengan kehendak Allah swt, kemudian nabi Musa as lahir, dia keturunan bani Israel dari suku Levi, beliau diselamatkan Allah swt dari petaka Fir’aun, bahkan menjadi putra angkat sampai menginjak dewasa. Karena membunuh bangsa Mesir untuk membela orang Yahudi, nabi Musa as melarikan diri ke Madyan dan menikah dengan seorang puteri nabi Syu’aib as. Setelah selama sepuluh tahun bersama keluarga besar nabi Syu’aib as, Allah swt memerintahkannya kembali ke Mesir, sebagai seorang rasul yang diutus kepada bani Israel. Nabi Musa as pun berdakwah menyebarkan risalahnya, sampai beliau bersama sejumlah pengikutnya harus hijrah kembali ke Palestina, karena Fir’aun berkehendak membersihkan mereka dari bumi Mesir.

Didalam al Qur’an 5:21-26, perintah menuju Palestina memang datang dari Allah swt, tapi mereka enggan masuk ke Palestina meskipun dijamin kemenangan oleh Allah swt, bahkan berani berkata tidak sopan kepada nabi Musa as, maka Allah swt mengharamkan bumi Palestian selama empat puluh tahun dan mereka terlunta-lunta di padang Tiih.

Fakta sejarah menunjukkan bahwa hampir duaratus tahun bangsa Yahudi terpontang-panting dikawsan tidak bertuan (padang Tiih) dan sekitarnya, sampai nabi Daud as dan nabi Sulaiman as berhasil mendirikan kerajaan di Palestina, tahun 1040-970 SM.

Kerajaan nabi Daud as yang kemudian dilanjutkan oleh nabi Sulaiman as itu hanya utuh selama beliau masih hidup, setelah nabi Sulaiman as wafat, kerajaan itu pecah menjadi dua, Kerajaan Yahuda dan Kerajaan Israel.

Pada tahun 721 SM, kerajaan Israel ditaklukkan oleh Tiglath-Pileser III, raja Assyyira. Pada tahun 586 SM, raja Nebuchadnezzar menaklukkan kerajaan Yahuda. Seluruh bangsa Yahudi digiring ke Babylonia untuk menjadi budak. Di Babylonia itulah para pemuka Yahudi menanamkan doktrin ‘janji kembali ke kampung halaman’ kepada para pengikutnya.

Kemudian pada tahun 550 SM, hampir seluruh kawasan Palestina diintegrasikan kedalam kekuasaan Persia. Ketika Alexander the greath menguasai Palestina pada tahun 334 SM, Alexander membawa bangsa Yahudi ke Yunani, dari sini mereka kemudian menyebar ke berbagai kawasan di Eropa. Kemudian sejak tahun 160 SM diintegrasikan kedalam kekaisaran Romawi.

Pengungsian besar-besaran bangsa Yahudi terjadi lagi pada tahun 66 M sampai tahun 70 M, setelah pemberontakan mereka terhadap penguasa Romawi gagal dan Gubernur Romawi pada waktu itu, Titus membantai puluhan ribu orang Yahudi untuk memadamkan pemberontakan.

Demikianlah seterusnya sampai kedatangan Islam pertama kali dipimpin oleh Umar bin Khattab ra pada tahun 637 M, mengikuti kemenangan Khalid bin Walid terhadap Romawi Binzantium di Damascus pada tahun 635 M, Umar bin Khattab ra kemudian mewaqafkan Yerusalem dan tanah Palestina kepada umat Islam seluruh dunia.

Pada tahun 1099 M tentara salib (crusaders) berhasil menguasai Palestina dan kota Yerusalem, dengan membantai 70.000 penduduknya, laki-laki, perempuan dan anak-anak. Dengan ijin Allah swt, pada tahun 1187 M, pahlawan Islam, Shalahuddin Yusuf bin Ayyub mengembalikannya kembali dalam pangkuan Islam dan tetap mempertahankannya, meskipun selama lima tahun sampai 1192 M, harus berperang dengan seluruh raja-raja besar Eropa seperti Richard (Inggris), Frederick (Jerman), Leopold (Austria), Louis (Perancis), raja Sisilia, yang berusaha merebut Yerusalem kembali, tetapi mereka tidak berhasil.

Dalam naungan Islam, negeri Palestina dan kehidupan antar bangsa Yahudi, Filistin dan Arab mengalami perdamaian sampai negeri ini lepas dari naungan Islam pada tahun 1917 setelah Inggris mengalahkan bani Ustmaniyyah dalam Perang Dunia I, mandat Inggris ini dikokohkan dalam konferensi San Remo tahun 1920, dan pembela Palestina yang utama hilang bersamaan dengan runtuhnya bani Ustmaniyyah pada tahun 1924.

B.Beberapa karakter Yahudi didalam Al-Qur’an

Bila kita membuka Al Quran, maka pertama kali kita temukan adalah surah Al Fatihah yang kita baca setiap kali shalat. Surah pertama itu sudah mulai berbicara mengenai hakikat Yahudi, yakni mereka adalah orang-orang yang dimurkai Allah (al-maghdhubi-‘alaihim). Demikian pula surah Al Baqarah , kita akan menemukan di dalamnya 83 ayat berturut-turut berbicara tentang Yahudi, dimulai dari ayat 40 sampai ayat 123. Kemudian disusul dengan puluhan ayat lainnya yang kesemuanya menyoroti tingkah laku kaum Yahudi dalam beragam kondisi dan masalah.

Yang lebih menarik ialah, ayat-ayat tersebut mampu memberikan gambaran sebagian besar sejarah bangsa Yahudi yang penuh kenistaan serta memberikan kata kunci yang menjelaskan watak asli mereka. Kata kunci itu terdapat dalam ayat 120 surah Al Baqarah yang artinya, secara psikologis dan historis, mereka tidak pernah dan tidak akan ridha terhadap uamt Islam. Meskipun pada waktu tertentu mereka memperlihatkan sikap manis dan tutur kata yang halus, mereka tetap melihat uamt Islam dengan penuh curiga dan dendam dan menganggap umat Islam merupakan ancaman utama bagi eksistensi Yahudi.

Catatan sejarah mengenai hal ihwal Yahudi ini kita temukan secara lengkap dalam Al Quran di pelbagai surah. Bahkan bani Israil adalah umat yang paling banyak disoroti Al Quran daripada umat lain. Sebab Yahudi adalah tipikal manusia unik. Perjalanan hidup mereka perlu dijadikan pelajaran agar tingkah laku, pola pikir dan sikap pembangkangan mereka terhadap kebenaran yang dibawa para rasul, serta kecenderungan mereka melakukan kerusakan di muka bumi tidak terulang kembali pada umat nabi Muhammad. Juga agar kelicikan dan pengkhianatan mereka terhadap apa saja bentuk perjanjian dan dengan siapa saja, dapat kita waspadai dan diantisipasi secara baik sedari awal.

C. Latar belakang berdirinya negara Israel

Bangsa Yahudi yang tinggal diperantauan, terutama di Eropa banyak dibutuhkan untuk menjadi kuli bangunan dan memajukan perekonomian, yang kesempatan itu menyebabkan mereka menjadi kelas menengah di Eropa, tetapi mereka tetap menjadi orang asing di Eropa, tahun 500 M, mereka diintimidasi di Spanyol, tahun 1300 M diusir dari Inggris, tahun 1400 M diusir dari Perancis, tahun 1500 M diusir dari Spanyol. Pada abad inilah Yahudi memperluas petualangannya sampai ke Eropa Timur, Rusia dan Amerika Selatan.

Selama satu abad, 1600 M sampai 1700 M, kaum Yahudi berhasil menguasai pasar dan perekonomian Eropa, dan bahkan mereka melibatkan diri dalam pendalaman ilmu pengetahuan modern.

Akhirnya mereka mulai melihat titik terang yang akan menyinari jalan ketika mereka hendak melangkah untuk kembali ke Palestina. Para ilmuwan mereka mulai berfikir merumuskan teori revolusi yang akan menghancurkan kehidupan manusia, dengan tujuan untuk mengacau dunia sehingga mempermudah jalan menuju Palestina.

Pada tanggal 1 mei 1776, tokoh Yahudi Nathan Bernbaum, mendirikan Zionisme Internasional, dua bulan sebelum kemerdekaan Amerika dideklarasikan. Yahuda Kalai (1798 – 1878), tokoh yang lain mempertegas perlunya negara Yahudi di Palestina. Izvi Hirsch (1795 – 1874), membuat studi agar diaspora Yahudi bisa mendirikan negara di Palestina. Moses Hess tokoh Yahudi membuat buku Roma dan Yerusalem. Theodore Herzl (1860 – 1904) membuat buku der Yudentaat (negara Yahudi) pada tahun 1896.

Untuk dunia Islam mereka tiupkan revolusi nasionalisme, melalui Lowrence of arabica, mereka berhasil memecahbelah negeri Arab untuk melepaskan diri dari khilafah Utsmaniyyah.

Meskipun Eropa dan Rusia sudah berhasil dikacaukan, penghalang utama cita-cita bangsa Yahudi adalah khilafah Ustmaniyah, yang menjadi penjaga setia tanah Palestina.

D. Sejarah berdirinya negara Israel

Berbagai langkah dan strategi dilancarkan oleh kaum Yahudi untuk menembus dinding khilafah Utsmaniyyah, agar mereka dapat memasuki Palestina.

Pertama, pada tahun 1892, sekelompok Yahudi Rusia mengajukan permohonan kepada sultan Abdul Hamid, untuk mendapatkan ijin tinggal di Palestina. Permohonan itu dijawab sultan dengan ucapan “Pemerintan Ustmaniyyah memberitahukan kepada segenap kaum Yahudi yang ingin hijrah ke Turki, bahwa mereka tidak akan diijinkan menetap di Palestina”, mendengar jawaban seperti itu kaum Yahudi terpukul berat, sehingga duta besar Amerika turut campur tangan.

Kedua, Theodor Hertzl, penulis Der Judenstaat (Negara Yahudi), founder negara Israel sekarang, pada tahun 1896 memberanikan diri menemuai sultan Abdul Hamid sambil meminta ijin mendirikan gedung di al Quds. Permohonan itu dijawab sultan “Sesungguhnya imperium Utsmani ini adalah milik rakyatnya. Mereka tidak akan menyetujui permintaan itu. Sebab itu simpanlah kekayaan kalian itu dalam kantong kalian sendiri”.

Melihat keteguhan sultan, mereka kemudian membuat strategi ketiga, yaitu melakukan konferensi Basel di Swiss, pada 29-31 agustus 1897 dalam rangka merumuskan strategi baru menghancurkan khilafah Ustmaniyyah.

Karena gencarnya aktivitas Yahudi Zionis akhirnya sultan pada tahu 1900 mengeluarkan keputusan pelarangan atas jamaah peziarah Yahudi di Palestina untuk tinggal disana lebih dari tiga bulan, paspor Yahudi harus diserahkan kepada petugas khilafah terkait. Dan pada tahun 1901 sultan mengeluarkan keputusan mengharamkan penjualan tanah kepada Yahudi di Palestina.

Pada tahun 1902, Hertzl untuk kesekian kalinya menghadap sultan Abdul Hamid untuk melakukan risywah. Diantara risywah yang disodorkan Hertzl kepada sultan adalah :

  1. 150 juta poundsterling Inggris khusus untuk sultan.
  2. Membayar semua hutang pemerintah Ustmaniyyah yang mencapai 33 juta poundsterling Inggris.
  3. Membangun kapal induk untuk menjaga pemerintah, dengan biaya 120 juta Frank
  4. Memberi pinjaman 5 juta poundsterling tanpa bunga.
  5. Membangun Universitas Ustmaniyyah di Palestina.

Semuanya ditolak sultan, bahkan sultan tidak mau menemui Hertzl, diwakilkan kepada Tahsin Basya, perdana menterinya, sambil mengirim pesan “Nasehati mr. Hertzl agar dia tidak terlalu serius menanggapi masalah ini. Sesungguhnya saya tidak sanggup melepaskan kendati hanya satu jengkal tanah itu, Palestina, sebab bukan milik pribadiku. Tapi milik rakyat, rakyatku sudah berjuang memperolehnya sehingga mereka siram dengan darah. Silahkan Yahudi itu menyimpan kekayaan mereka yang milyaran itu. Bila pemerintahanku sudah tercabik-cabik, saat itu mereka baru bisa menduduki Palestina dengan gratis. Adapun jika saya masih hidup, maka tubuhku terpotong-potong adalah lebih ringan ketimbang Palestina terlepas dari pemerintahanku. Kasus ini tidak boleh terjadi. Karena saya tidak kuasa melihat tubuhku diotopsi sedang nadiku masih berdenyut”.

Berbagai cara kotor dilancarkan Yahudi untuk menghancurkan dunia Islam. Mereka mulai dengan menghancurkan Khilafah Utsmaniyah agar dapat menduduki Palestina. Mereka melakukan lobi denan Inggris, Perancis, Rusia dan Amerika.

  1. Pada tanggal 1 mei 1776, tokoh Yahudi Nathan Bernbaum, mendirikan Zionisme Internasional, dua bulan sebelum kemerdekaan Amerika dideklarasikan.
  2. Yahuda Kalai (1798 – 1878), tokoh yang lain mempertegas perlunya negara Yahudi di Palestina.
  3. Izvi Hirsch (1795 – 1874), membuat studi agar diaspora Yahudi bisa mendirikan negara di Palestina.
  4. Theodore Herzl (1860 – 1904) membuat buku der Yudentaat (negara Yahudi) pada tahun 1896.
  5. 1897, Konferensi Basel , Swiss yang disponsori oleh Hertzl, merumuskan penghancuran Bani Ustmaniyah.
  6. 1907, meningkatnya aktivitas Freemasonry untuk menjatuhkan Sultan Abdul Hamid dari kursi khilafah.
  7. 1917, perjanjian Balfour untuk memberikan Palestina sebagai tanah air bagi Yahudi
  8. 1927, meningkatnya pembangunan rumah dan gedung milik Yahudi di Palestina atas bantuan Inggris.
  9. 1937, Yahudi di Palestina mulai membangun kekuatan terorisme bersenjata. Kemudian mereka mendapat bantuan senjata dan latihan militer dari sekutu ketika terlibat dalam PD II
  10. Nopember 1947, dikeluarkanlah resolusi PBB tentang pembagian tanah Palestina anatara penduduk Palestina dengan Yahudi pendatang itu. Kemudian menyusul pembubaran Ikhwanul Muslimin dan pembunuhan terhadap Hasan al Banna yang banyak berperan membela Palestina.
  11. 1956, Sinai dan Jalur Gaza dikuasai Israel setelah gerakan Islam di kawasan Arab dipukul.
  12. 1967, semua kawasan Palestina jatuh ke tangan Yahudi, demikian juga dataran Tinggi golan dan Sinai. Terjadi setelah penggempuran terhadap Gerakan Islam dan hukuman gantung terhadap Sayyid Quthb.
  13. 1977, serangan terhadap Libanon dan perjanjian Camp David yang disponsori Anwar Sadat.
  14. 1988, surat rahasia Yasser Arafat untuk mengakui eksistensi Israel, berjanji hidup damai dengan Yahudi dan akan menumpas segala aktivitas rakyat Palestina yang melawan Israel.x
  15. 1993 Perjanjian Gaza Ariha mengenai pemerintahan sendiri interim bagi bangsa Palestina di wilayah-wilayah pendudukan Israel.
  16. 1994 Kesepakatan yang memberikan otonomi pertama kepada Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.
  17. 1995 Kesepakatan perluasan otonomi Palestina ke sebagian besar Tepi Barat.
  18. 1996 Pemilu pertama bangsa Palestina, Yasser Arafat terpilih menjadi Presiden
  19. 1997 Kesepakatan perluasan otonomi Hebron dan Tepi Barat.
  20. 1998 Kesepakatan transfer 13 persen wilayah Tepi Barat dari Israel ke Palestina dengan imbalan jaminan keamanan.
  21. 1999 Kesepakatan Wye River II, di Mesir.
  22. 2000 Pertama kali Paus ke Yerusalem dan membela perlunya tanah air bagi Palestina.
  23. 2001 Ariel Sharon menggantikan Ehud Barak
  24. 2002 Israel membunuh pemimpin brigade al Aqsho, Raed el-Karmi.

D. Tokoh penting di balik berdirinya negara Israel

Beberapa tokoh penting dialik berdirinya negara Israel adalah : Theodore Hertzl, Arthur J Balfour, David ben Gurion, Golda Meir, Gamal Abdel Nasser, Moshe Dayan, Abdullah, Yasser Arafat, Anwar Sadat, Jimmy Carter, Menachem Begin, Yitzhak Rabin, Bill Clinton, Benjamin Netanyahu, Ariel Sharon dan lain-lain.

E. Kejahatan Yahudi terhadap dunia terutama Islam

Beberapa kejahatan Yahudi terhadap Islam telah dijelaskan terdahulu, antara lain dengan lahirnya ideologi Nasionalisme, Kapitalisme, Marxisme, Komusnisme dan lainnya.

Menurut Dr Jusuf Qordhowi, dimasa yang akan datang tantangan kejahatan besar Yahudi terhadap Islam adalah kejahatan Zionisme, kejahatan Naturalisasi dan kejahatan Globalisasi.

“Dunia Islam kini sedang terbakar. Setiap kita berkewajiban segera menyiramkan air sekalipun sedikit untuk memadamkan api yang bisa dipadamkan, tanpa menunggu orang lain.” Syaikh Amjad Al Zahawi.

“ Israel akan berdiri dan akan tetap berdiri sampai Islam menghancurkannya sebagaimana telah dihancurkan sebelum ini.” Imam Syahid Hasan Al Banna.

**

Wallohu ‘alam, Depok 27 april 2001

Perangkum, Memed Sosiawan

Maraji’/Kepustakaan:

  • Abu Ridha, Palestina, Nasibmu Kini. Yayasan SIDIK, Jakarta, 1994
  • Ja’far, Fathuddin MA, Dunia Islam Versus Tata Dunia Baru. LPPD Khairu Ummah, Jakarta,1994
  • Abu Ridha, Rencana Zionis Melumpuhkan Shahwah Islamiyah. Yayasan SIDIK, Jakarta, 1995
  • Suleiman
About these ads

71 thoughts on “Sejarah Berdirinya Negara Israel

  1. Assalamualaikum Warhmullahi Wabarakatuh

    Salam kenal dari saya di http://myrazano.com

    Perkenankanlah saya untuk memperkenalkan blog saya yang baru yang sampai sekarang masih sepi pengunjung.

    Saya sangat berharap melalui blog ini bias mendapatkan sedikit limpahan pengunjung yang tertairk dengan artikel-artikel islam yang ditulis oleh seorang pengamat sosial keagamaan Sumatera Barat ( Martias Oyonk )

    Demikian. Saya sampaikan terimakasih sebelumnya
    Semoga menjadi ibadah dan amal saleh bagi pengelola.
    Amin

    Wassalam

    • kehancuran beberapa negara ditimur tengah adalah ketidakmampuan negara 2 arab melakukan rekonsoliasi ut menggalang kekuatan berkesinambungan terlebih beberapa negara di timur tengah berlindung diketiak amerika sebagai negara pelindung israel.

  2. Tidak ada permusuhan yang abadi seabadi Israel_Palestina. berkali-kali Allah mengecamnya dalam Al_qur’an. Yahudi(israil) merupakan musuh besar bagi Islam, karena kaum zionis akan berupaya dengan segala cara untuk menghancurkan Islam. maka Sudah waktunya negara-negara islam bersatu melawan mereka. Ganyang Israil(Yahudi) dan kroni-kroni di belakangnya…..

    • Hahahaha…. kamu mungkin tidak waras berpikir mo lawan israel n kroni2nya termasuk amerika. Blajar dulu sejarahnya jgn asal ngomong pake otak dengkulmu itu

  3. Aslmu’alaikum. Artikelnya bagus sekali.. Aku jadi tau lbih bnyak tentang kekejaman yahudi terhadap islam. Salam kenal dr saya siswi sma yg sebentar lg lulus. Amin

  4. FYI,

    Buku Max I. Dimont lainya (The Indestructible Jews) sudah diterjemahkan dan diterbitkan dengan judul: “Dilema Yahudi, atau Suratan Nasib?”

    Bisa diperoleh di Gramedia Pondok Indah Mall atau Gramedia Matraman, Jakarta.

  5. lu semuanye pada GILE,,,,,,, kagak mungkinlah ISRAEL bisa di hancurkan, yang ada PALESTINA lagi yang bakal HANCUR,,,,CUR,,,,CUR.
    karena ISRAEL adalah umat pilihan ALLAH.
    makanya orangnya PINTAR2, bisa kacauin dunia.

    bukan seperti INDONESIA negaranya gede kaya GAJAH tapi orangnya BEGO2.
    kakakakakakakakakakakakakak

    • Ajarannya disebut “Yudaisme” karena bersifat ke-bangsa-an dan khusus bagi bangsa Yahudi atau Bani Israil, yaitu ajaran yang berasal dari agama yang diturunkan Allah untuk bani Israil dengan perantaraan utusan-Nya yaitu Musa a.s. Kitab sucinya dinamakan Thaurat (wasiat lama) yang aslinya tidak ditemukan lagi sekarang.
      Agama bangsa yahudi diperoleh dari Ibrahim a.s., melalui jalur keturunan anaknya Ishak a.s. Agama bangsa Yahudi dipercaya diperoleh dari garis keturunan Ibrahim a.s., kemudian dilanjutkan melalui jalur keturunan anaknya Ishak a.s.
      Menurut alur Al-Kitab asal usul bangsa Yahudi adalah keturunan salah satu cabang ras Semitik purba yang berbahasa Ibrani (kejadian 10:1, 21-32;1) (tawarikh 1:17-28, 34;2:1,2). Hampir 4000 tahun yang lalu, Ibrahim nenek moyang mereka beremigrasi dari kota besar Ur Kasdim yang sangat makmur di Sumeria ke negeri Kanaan. Darinya garis keturunan orang Yahudi dimulai dengan Ishak puteranya dan Yakub cucunya, yang namanya diubah menjadi Israel (kejadian 32:27-29).
      Israel mempunyai 12 putera, yang menjadi pendiri 12 suku. Salah seorang dari mereka adalah Yehuda yang akhirnya dari namanya berasal kata “Yahudi” 2 raja 16:6, JP.
      Diantara garis keturunan tersebut, bagi bangsa Yahudi Musa a.s. mendapat tempat yang sangat istimewa meskipun Isa a.s. juga diutus untuk bangsa Israel. Musa dianggap memenuhi peranan penting sebagai perantara perjanjian Taurat yang Allah berikan kepada Israel, disamping sebagai nabi, hakim, pemimpin dan sejarawan (Keluaran 2:1-3:22).
      Agama ini percaya pada keesaan Tuhan secara mutlak (monoteis) dan menganggap Allah turun-tangan dalam sejarah manusia, khususnya berkenaan dengan orang Yahudi. Ibadat bangsa Yahudi menyangkut beberapa perayaan tahunan dan berbagai kebiasaan. Meskipun tidak ada kredo atau dogma yang diterima oleh semua orang yahudi mengenai keesaan Allah yang dinyatakan dalam Shema, yaitu doa berdasarkan kitab Ulangan 6:4, merupakan bagian terpenting ibadat sinagoge:
      “Dengarlah, Hai bangsa Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu Esa”.
      Pada mulanya Nabi Musa a.s. mengajarkan kepada umatnya tentang ada dan esanya Allah. Tetapi ajaran murni ini akhirnya berubah karena sifat “exclusive nasionalistic” penganutnya. Perubahan tersebut dapat dilihat dari sumber prinsipil Syahadat mereka “Schema Yisrael, adonai alaheynu adonai achud” Ulangan: [6][4] yang didalam pelaksanaannya rasa kebangsaan diatas segalanya sehingga keesaan Allah sendiri menjadi kabur.
      Ajaran Yudaisme tidak menyebut adanya hari kiamat, akhirat, siksaan pada hari akhirat dan pembalasan dalam bentuk pahala. Mereka tidak membicarakan keselamatan pribadi penganut-penganut ajaran mereka. Kepada mereka selalu diindoktrinasikan adanya kejayaan yang abadi dipalestina sebagai negara yang dijanjikan Tuhan bagi minoritas Yahudi, satu-satunya umat yang berhak mewarisi bumi Tuhan sebagai umat yang terpilih.
      Hingga kini kita dapat melihat mengapa Israel begitu ngotot menguasai Palestina dengan menteror semua bangsa yang bukan Yahudi agar minggat dari tanah Palestina.
      Peribadatan mereka dilakukan terutama pada hari sabtu mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Segala pekerjaan tangan seperti menyalakan lampu, memadamkan api dan lain-lainnya terlarang pada hari tersebut. Pelanggaran terhadap ketentuan diatas diberi ancaman keras. Mereka dianjurkan berjamaah dan minimal 10 orang dan dilakukan tiga kali sehari. Sebelum sembahyang mereka juga berhadas dan mengambil wudhu. Di dalam sembahyang mereka diharuskan memakai penutup kepala.
      Puasa mereka dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti “Yom Kippur” selama 24 jam, tanggal 10 bulan Tishri dan setiap hari senin dan kamis. Didalam kitab Imamat orang lewi Thaurat [10]:[9], [10]:[11] minuman yang memabukkan terlarang bagi setiap penganut ajaran Yudaisme. Larangan ini tidak pernah diperdulikan, …

    • kmu termasuk org angkuh takabur emang bumi ni milikmu israel adalah bngsa yg salah jalan keras kepala tanah org main rampas bikin rumah ribuan dipalestina tepi barat dasar brengsek .

  6. islam never die kt trus mmbla islam,..,apa lg tnah plestina tnah kaum mslim rkyat palestina,,..,aalllahu akbar,,.,sampai ank cu2 kt kaum muslim kan trus mmbla kaum muslim plstina.,,,,,,dri zionis israel.,..,allahu akbr,,.,,

  7. Dari artikel di atas kita tahu bahwa Yahudi tidak pernah menemukan ketenteraman sejati…
    Lepas dari Pembantai Mesir hingga Pembantaian Hitler…

    Berarti terbukti kalau mereka adalah kaum yang dimurkai Allah swt. dunia aherat…

  8. Banggalah sebagai umat ISLAM..!!!!
    dan teriakan kepada dunia bahwa kita umat ISLAM mewarisi mukjizat terbaik untuk dunia dan akhirat dari ALLAH SWT. yang dibawa oleh Nabi MUHAMMAD SAW. yaitu kitab suci AL-QURAAN, yang akan membawa keselamatan dunia akhirat bagi yang mengamalkanya.

    PERINGATAN TUHAN KEPADA BANI ISRAIL (Yahudi)

    “Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk)”. (QS, AL-Baqarah 40).
    “Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa”. (QS, AL-Baqarah 41).
    “Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui”. (QS, AL-Baqarah 42).
    “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’”.(QS, AL-Baqarah 43).

  9. “Apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.” (QS. 17:7)
    Apabila sudah matang/genapnya kejahatan Israel yang kedua dengan membuat berbagai kerusakan di muka bumi ini, maka Allah Swt berjanji akan membangkit suatu bangsa yang pada masa lalu, juga pernah mengalahkan dan memperbudak bangsa Israel, yaitu bangsa Persia…
    Jadi jangan heran kalau saat ini Israel sudah kebakaran jenggot dengan kemajuan bangsa Persia

    • like this!!!, its really suitable. yes they (israel) are so afraid with IRAN :)

      im proud being a muslim, im lucky to be born as muslim but the most important thing, im so grateful ALLAH give me brain to seek the truth about my religion and my searching proof how perfect this religion is. increase my conviction and my faith. ALLAHU AKBAR

  10. sayangnya para pemimpin islam tak punya wibawa…salut utk para relawan yg bekerja scr nyata membantu sdr2 kita di palestin hingga berkorban nyawa, tak hanya mengecam dan mengecam saja, nyatanya ga ngefek bg israel. kami tggu langkah nyatamu hai para pemimpin..

  11. …Bermula dari rasa pengen tau aza, gimana sampe berdirinya negara israel di tanah palestina, sejarahnya tnyt sangat menarik, bayangkan dari orang pendatang yg enggak punya tanah ( eang abraham ) sampe diberikan tanah buat tinggal oleh Sang Pencipta…. HEBAT NGGAK ??? tau nggak kalo Sang Pencipta itu nggak mungkin salah pilih/ambil keputusan… TAPI ternyate BAWEL jg nih yg namanya israel, sdh di bebasin dari Mesir di kasih tanah buat tinggal (dgn cara merebut dgn ridoh Sang Pencipta,) masi jg menjengkelkan Sang Pencipta.. Bener NGGAK!!!! TAPI knp ada bnyk orang yg di pake Sang Pencipta tuk nyadarin si israel BAWEL ini ???? trnyt memang betul SP (Sang Pencipta) tdk salah pilih, SP mengingatkan israel (orang2 yahudi) utk inget & kembali pd SP dan berkompromi utk melimpahkan berkah SP buat israel (alis jika bertaubat)…. selama mereka jauh dari SP tuuuh liat aza mereka hancur/terpecah2/tdk ada tmpt tinggal/dibenci negara2/diperbudak dll. so kenyataannya skrg mereka pd kumpul di satu tmpt yg namanya doeloe tanah kan’an (nb. pernah direbutnya dulu atas ridoh SP). nah ini bahayanya israel sekarang, jika israel berbalik hati kepada SP seperti Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Joshua apa akibatnya???? maka SP akan membuktikan janjinya pada Abraham dulu, yaitu bhw dia akan dibuat SP jadi bgs yg BESAR…. so kalo kita mau hancurin israel skrg gampang aja ini rahasianya: buat orang yahudi sekarang menjauh dari SP pasti mereka kalah, TAPI jika sebaliknya mereka sadar & berbalik percaya pd SP,,,,,, koe yakin deh 1000% nggak ada yg dpat kalahkan israel…. it’s the fact!!!

  12. sryy lupa minta permisi doeloe sama mas panji…. sdh coment duluan…
    btw thx ya utk pemaparan sejarah singkat berdirinya israel… sangat membantu
    dan koe suka sekali tnyt logical mu >90% so bisa menelaah mendekati sempurna atazs ridoh Sang Khalik tentux…
    keep on panji….

  13. kalo yahudi di murkai aulloh kenapa ya yahudi pintar2, kaya2, banyak yang meraih NOBEL, banyak menciptakan alat atau apa untuk kemanusiaan, kenapa juga ya negara2 yang di diami oleh yahudi maju2 seperti eropa,amerika dll mereka mendominasi keuangan dunia…tapi maaf nih ye.. kalo yang di didiami ajaran arab kok pada terbelakang dan miskin2 ye..??? contoh sudan, afgahintan pakistan, dll..?? tanya kenapa..??? karena itulah islam iri dan benci sama Yahudi,, kenapa ya yang dinyatakan oleh islam semuanya terbalik..?? dibilang dimurkai(dikutuk) tapi faktanya tidak! islam mengajarkan membunuh orang kafir dianggap baik..??? padahal itu melanggar hukum!! di islam tidak boleh menyembah patung berhala dan banyak yang mengahancurkan patung2 yang indah2 tetapi mereka malah disuruh nyembah sujud setiap hari 5X ke arah bangunan berhala kabah dan juga harus nyiumin batu hitam hajar aswat..!!! heheheh islam memang logika terbalik..!!!

    • ya banyak dapat nobel dari keturunan dajal,israel,amerika dll pembunuh berdarah dingin,orang dibilang teroris nyatanya dia sendiri teroris dan kamu kalau belum pelajari islam mana kamu tau ajaran2 islam yg indah,jadi pelajari deh islam,banyak pendeta2 yg pertama musuhi islam tp setelah mempelajari islam mereka banyak yg masuk muslim,karena mereka tau islam itu indah

    • Sy mw tanya adakah d dunia ini kitab suci selengkap al Qur’an,smua agama d dunia di dunia ini agama islam(ALLAh). Mulai dari nabi Adam.as sampai nabi yang terakhir yaitu nabi Muhammad saw,mereka semua menyebarkan agama ALLAH.Agama-agama tsbt legal pada masanya,namun setelah turunnya islam yg d bawa nabi Muhammad saw semua agama tidak berlaku lagi di muka bumi ini.Agama yang d terima ALLah hanya agama islam.ALLAH

      memberikan kelebihan kepada manusia berupa akalfikiran yang mampu membedakan yang benar dan yang salah, mengakui bahwa bagi mereka yang mendapat hidayah,berfikiran jernih pasti akan jadi tidak ada dasar nya umat islam membenci sesama hamba ALLAH,

      sasawsaw,semuanya menyebarkan agama

    • tdk selamanya israel akan ttp jaya ada saatnya mereka akan menjerit,mereka sekarang bs tertawa dgn sombongnya tp ada saatnya titik jenuh itu akan datang,allah selalu menguji umatnya sebatas kemampuannya,jd suatu saat israel pasti kalah

    • engga punya wilayah gimana? dari dulu itu wilayah kepunyaan Israel, dari zaman Israel keluar dari Mesir sampai Sekarang,
      cuman Israel di buang ke kerajaan Babilonia(Babel) selama 70 Tahun,
      –Dalam Yehezkiel 4:3–6, nabi Yehezkiel berkata bahwa orang Yahudi, yang telah kehilangan hak tanah mereka(Sejak Pembuangan), akan dihukum selama 430 tahun.– baru kemudian Babel dijajah oleh Koresh(Koresy) (Media-Persia) pada 539 SM. Koresh mengizinkan orang Yahudi untuk meninggalkan Babel dan kembali ke tanah mereka sendiri. Titah raja ini diberlakukan kira-kira tahun 536 sM, 70 tahun setelah Yehuda takluk pada Babel dan 3 Tahun setelah Babel dikalahkan oleh Koresh.
      Dalam kesempatan seperti itu hanya sedikit yang pulang untuk menyembah Allah, banyak yang memilih tinggal di Babel, jadi sisa dari 360 tahun penghukuman mereka dikalikan 7. Alasannya dijelaskan dalam Kitab Imamat (26:18; 26:21; 26:24; dan 26:28).
      Jika sisa hukuman trsbt dikalikan 7(360 Tahun x 7) akan mendapatkan angka 2,520 tahun kalender lunar, yg berarti jika dikonversi ke kalender penghitungan solar masa kini, jumlahnya adalah 2,484 tahun,
      Ternyata, secara tepat yaitu dari 536 SM sampai 1948 M, tahun kembalinya Umat Israel dan Berdirinya Negara Israel.Justru Palestina lah yang menempati tanah Israel selagi ‘Kosong’ dan mengklaim itu wilayah mereka.

  14. Assalamu’alaikum. I’ve read your article about the zionist (we better not use the word Israel cause it refer to prophet Jacob which mean who travel at night) and it help me a lot on my task. A long history of the jew would take more space but it will be better if the story written in a full version

  15. Ouhh berati gara” si Yasser Arafat dunk yaa… kaum Yahudi jadi makin nyaplok tanah Palestin. Fuck Yasser agh maneh penghianat bel.. ™ђёe..ђёe..ђёe..ђёe..™ baru tau gw. Thanx
    ╔═╦══╗
    ║║║║║║ stlah baca sy jd makin paham.
    ║║║║║║
    ╚═╩╩╩╝
    >:/=-? ßέέϋϋϋħħħ #:-s:/
    Israel makin makmur Palestin makin gak karu”an, tadinya Nasionalis Paleatiniannya gada sih..
    si Yasser sgala ngasi surat rahasia yaa.
    Gak tega gw mah agh!!

    Semoga Allah tetap memberikan semangat & terus melindungi terhadap bangsa Palestin.

  16. Sampai kapan pun israel gk akan bakalan runtuh krn negara itu adalah negara pilihan TUHAN YESUS dan negara kesayanganya,negara tersebut slalu di berkati TUHAN YESUS dan slalu di lindungi.klw israel mau runtuh mgkn sdh dari dulu krn sdh berapa negara negara lain mencoba menyerang israel tapi tidak pernah ada yang lolos.tanah israel adalah tanah perjanjian.jangan harap israel akan runtuh.I LOVE to YESUS and to ISRAEL

    • ALLAH SWT berkata : bagimu agamamu, dan bagiku agamaku.

      sebenernya ga perlu ada yang rusuh-rusuh segala lagi.
      toh setiap agama mengajarkan, setiap tuhannya mengajarkan, perdamaian di antara umat beragama itu adalah jaminan masuk surganya tuhan (ALLAH SWT).

      saya bersyukur menjadi umat islam di indonesia, dan mempunyai teman-teman yang berbeda agama, namun masih tetap menghargai agama saya.
      jadi ga usah deh ribut-rbut begitu.

      TOH, PERDAMAIAN ABADI DI NEGARA MANAPUN ADALAH IMPIAN SEGALA UMAT KAN?
      salam hangat buat kalian semua, wasallam.

  17. Bismillah…
    Saya ingin membetulkan pengetahuan anda dan para pembaca…. 1) Agama islam tidak pernah mengharuskan membunuh manusia tidak kira apa agama sekali pun. Melainkan kami diancam….
    2) jika umat islam di suruh menyembah ka’bah maka semua umat islam hanya berada di Arab Saudi. saya mempunyai jawapan yang lebih jelas untuk hal ka’bah ni… Tetapi ia lebih mudah difahami jika bersemuka. Saya rasa bukan saya sahaja yang mengetahui jawapan ini, jadi anda bertemulah dengan ustaz, bukan yang baru nak start. Allahuaqlam.

  18. Bagi kami, Bangsa Israel ( keturunan Yakub) adalah bangsa pilihan Tuhan, sekalipun menjadi bangsa pilihan Tuhan namun Israel bukan berarti tidak mendapat murka dari Tuhan, itu terlihat dari berbagai peperangan, pembantaian, pengusiran yang mereka alami. namun ada firman Tuhan berkata, bahwa pada akhirnya semua penduduk Yahudi yg ada di dunia pd akhirnya akan pulang kembali ke tanah Perjajnjian, tanah Israel. Dari bangsa inilah lahir seorang PUTERA, yang kami sembah dan karakternya,/sifatnya, tindakanNya menjadi panutan bagi 0,5 penduduk dunia ini…Sampai kapanpun, Israel tidak akan tersentuh, karena menyentuh mereka sama artinya menyentuh 0,5 penduduk dunia ini.. Mudah – mudahan Tuhan menunjukan solusi yang tepat untuk perdamaian Palestina – Israel..Amin

  19. penduduk (islam) palestin itu setia loh, kalo pendahulunya bilang jangan perbolehkan orang yahudi bermukim di palestin- ya mereka lakukan itu (tadinya kan begitu sebelum yahudi ngumpet di ketek negara besar)
    dan orang (yahudi) israel setia juga gan, kalo pendahulunya bilang hancurkan palestin/islam- ya mereka lakukan itu.

    ini yang sudah pasti ada di dalam AL-Qur’an kawan dan untuk kaum muslim aja yah.
    al-massihudajjal (dajjal), dia akan datang sebagai penguji umat islam pada akhir zaman sebelum kiamat yang sesungguhnya tiba, dan ia (dajjal, yang ane maksud) akan datang dengan fitnahnya sebagai tuhan dan membawa 70.000 orang yahudi berjubah hijau dengan membawa senjata tajam.
    ini versi kitap suci AL-Qur’an, yang di turunkan pada nabi terakhir yang di tunjuk ALLAH SWT, sebagai nabi penutup segala versi kitab loh.
    ane ga tau versi kitab lainnya gan,,, hehehehehe,,, maaf nih…

    berarti memang di takdirkan kaum yahudi itu masih ada sampai sekarang, sebaga penguji umat islam kawan.
    so, kembali pada pribadi masing-masing dan kepercayaan/keyakinan masing-masing deh.

    ALLAH SWT berfirman dalam surat al-kafitun ayat 6 yang berbunyi :
    لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ ﴿٦ (lakum dinukum waliyadin).
    artinya :
    bagiku agamaku, dan bagimu agamamu.

    cukup sekian dan terima kasih, semoga celoteh ane bermanfaat untuk kita sesama muslim.
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. :)

  20. Assalamualaikum. Saya mohon izin untuk mengutip poin-poin sejarah berdirinya Israel secara ringkas. Hal ini terkait dengan tulisan yang akan saya buat (menanggapi ketegangan yang terjadi di Gaza belakangan ini) yang mengangkat tema konflik Israel – Palestina. Mohon jika berkenan membalas konfirmasi via email agar saya bisa melanjutkan tulisan tersebut. Terimakasih, wassalamualaikum.

  21. sbnrx agma kristen dan islam adlh 1 agma tp blom mgnal krsten n islam tp cm gra2 ada mslh akhirx jd pecah dan membentuk agma msg2….

    bktix aja ktb kita isix g beda2 jau kan?

    kalo saya menanggapi blog ini ada yg btul sih cm yg laen agk d karang kalo kalian mo tau jgn cm bca ni blog bxk kok blog laen yg lbih lgkp mgkin biar g gmpg trpancing

    thx gbu

  22. Sebenarnya dunia islam pecah karna runtuhnya daulah khalifah di muka bumi ini , jadi tanpa adanya seorang khalifah yang memimpin seluruh umat islam di dunia ini ,umat islam menjadi tercerai berai bagaikan anak ayam yang kehilangan induknya

  23. Orang Indonesia memang aneh………..koq ngurusin Israel dan Palestina………….urusin tu bangsa kita sendiri….serba kacau, rakyat pada miskin gara2 pemimpinnya gak bisa ngelola kekayaan utk kepentingan rakyatnya

  24. jangan deh kita jadi sok pinter membedah isi kitab suci…..kemudian menyalahkan kitab suci yg laen……apalagi kemudian menghujat dan memaki-maki dg kata2 kotor….itu menunjukkan bhw emosi pribadi masi dominan…..Gak nyadar ya rakyat kita jga dijajah oleh segelintir orang yg yg lebih jahat dari siapapun.

  25. negara orang kalian bela2, negara sendiri kalian hujat,,,,,,,,cintai dulu negerimu baru urus negeri orang…surga hanya 1. dan hanya milik orang yang mengasihi sesamanya seperti dirinya sendiri,,,,,,

  26. History does repeat… Sejarah akan terus berulang… dimana nantinya Israel akan megalami masa kelamnya lagi seperti dulu & bangkit lagi, begitupun mesir, negara arab, dll… Akan mengalami masa kejayaan , juga akan mengalami masa keruntuhan. Tidak ada yg abadi di dunia ini, semua akan terus berulang lagi karena dunia bergerak secara sistematis.

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s